5 Wisata Goa Unik di Pacitan yang Terkenal, Nyesel Kalo Belum Kesana

Pacitan adalah salah satu kota atau daerah yang ada di Jawa Timur yang memiliki banyak sekali tempat wisata yang patut dikunjungi. Salah satu tempat wisata yang terkenal di Pacitan adalah wisata Goa nya yang sangat terkenal sampai ke seluruh Indonesia tak jarang juga ada beberapa wisatawan mancanegara yang jauh-jauh dari negara asalnya datang ke sini hanya untuk menikmati keindahan Goa yang ada di Pacitan ini.

Bahkan Pacitan sering disebut dengan Kota Seribu Goa karena banyaknya Goa yang ada di sini. Memang sudah terkenal sekali bahwa daerah pacitan ini memiliki berbagai macam wisata Goa yang ada di sini.

Maka dari itu Pacitan adalah salah satu daerah yang bisa dijadikan sebagai tempat yang pas bagi pecinta Goa. Selain itu banyak juga para peneliti yang datang ke Pacitan untuk meneliti Goa-goa yang ada di sini. Penelitian yang dilakukan di Goa-goa yang ada di Pacitan ini adalah mencari sejarah dari Goa tersebut karena sebagian besar Goa adalah tempat berteduh dan juga tempat tinggal manusia purba yang hidup pada jaman dahulu.

Di beberapa Goa yang ada di Pacitan juga pernah ditemukan beberapa fosil manusia purba yang menandakan kota Pacitan dulunya pernah digunakan sebagai tempat tinggal manusia prasejarah.

5 Goa Indah yang ada di Kota Pacitan

  1. Goa Gong
goa gong di Pacitan
cantiknya lampu warna warni goa gong di Pacitan

Salah satu Goa yang terkenal di Pacitan adalah Goa Gong yang namanya sudah tersebar luas dan terkenal di seluruh Indonesai karena kemegahan dan keindahannya yang begitu mempesona. Goa yang memiliki panjang sekitar 300 meter ini adalah Goa yang sering disebut dengan Goa yang terindah di Asia Tenggara. Jika kita berkunjung kemari kita akan disuguhkan dengan adanya beberapa lampu yang menerangi Goa ini yang justru membuat keindahan Goa ini menjadi lebih mempesona. Di dalam Goa ini sudah dibangun pagar pembatas dengan jalan anak tangga yang dibangun dengan trotoar yang mempermudah untuk menelusuri Goa ini dengan aman.

  1. Goa Kalak
Goa Kalak di Pacitan Jawa TImur
Goa Kalak di Pacitan Jawa TImur

Goa Kalak ini memiliki keunikan dari stalaktit dan stalakmit tersendiri yang membuat keindahan Goa ini menjadi mempesona dan membuat orang terpukau jika masuk ke dalamnya. Goa ini juga pernah ditemukannya fosil manusia purba yang ada di sini dan menjadi bukti bahwa kota Pacitan pernah dijadikan tempat tinggal para manusia purba.

  1. Goa Song Terus
Goa Song Terus di Pacitan
Goa Song Terus di Pacitan

Goa ini tidak jauh letaknya dari Goa Kalak hanya berjarak 3 kilometer saja. Goa yang berada di Desa Mendolo ini merupakan sebuah situs purbakala yang diyakini menjadi tempat tinggal manusia purba, maka tak heran banyak para arkeolog yang datang kemari untuk melakukan penelitaian tentang Goa di sini.

  1. Goa Putri

Walaupun Gua Putri ini tidak se-populer Goa Gong tetapi keindahan dari Goa Putri ini memiliki ciri khas tersendiri yang perlu kita ketahui. Jika kita masuk ke dalam Goa ini kita bisa melihat keindahan dari stalakmit dan stalaktit tanpa menggunakan penerangan.

  1. Goa Tabuhan
Goa Tabuhan Pacitan Jawa Timur
Goa Tabuhan Pacitan Jawa Timur

Goa yang ada di Pacitan satu ini memiliki keunikan tersendiri yaitu mempunyai bentuk stalaktit yang menyerupai gigi taring yang bisa kita lihat mulai dari luar Goa. Goa ini dinamakan Goa Tabuhan karena masyarakat sekitar sering memukul stalaktit di Goa ini sehingga bisa menimbulkan suara yang merdu seperti suara yang dikeluarkan dari alat musik gamelan. Goa ini sudah sejak dari dulu dikunjungi para wisatawan sejak tahun 1998.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here