Menikmati Taman Laut Terindah di Dunia; Bunaken

0
1456
Keindahan bawah laut Bunaken. (foto: Two Fish Divers).

JAKARTA- Taman Laut Bunaken adalah tempat wisata yang sangat menarik bagi anda yang menggemari wisata bawah laut. Bunaken adalah salah satu taman laut terindah di dunia. Terumbu karang, biota laut hidup mewarnai keindahan Taman Laut Bunaken.

Bawah laut Bunaken memiliki luas 890,65 km persegi. Pengunjung dapat menikmati sensasi menyelam yang didalamnya dapat suguhan keindahan warna-warni terumbu karang. Belum lagi ratusan jenis spesies ikan dan biota laut yang jumlahnya mencapai ratusan. Bunaken bagaikan surga di bawah laut.

Di sekitar pulau tersebut, terdapat 40 lokasi penyelaman dengan variasi kedalamannya, sekira 3.000 spesies ikan yang wara-wiri, serta 390 terumbu karang dengan lekak-lekuk yang mungil dan menarik.

Ada juga terumbu karang raksasa berbentuk vertikal dan melengkung. Karang itu bagai terowongan, sekaligus istana bagi penghuni laut dari berbagai ikan. Biota lain yang terdapat di Bunaken di antaranya adalah Ikan Hiu, Marlin, Tuna, Kakap, Kerapu, Barakuda, Napoleon, Angel Fish, Kura-Kura, Mandarin Fish, Kuda Laut, Ikan Pari, Gurita, dan jenis ikan lainnya. Dan binatang laut yang menjadi favorit penyelam adalah ikan raja laut atau disebut Coelacanth.

Taman laut bunaken berada di Kelurahan Bunaken Kecamatan Bunaken Kota Manado, Sulawesi Utara. Dari Pelabuhan Manado Bunaken berjarak 7 mil, dapat ditempuh sekira 50 menit dengan perahu motor atau 35 menit dengan speedboat.

Di lokasi tersebut ada lima pulau yang disebut sebagai Taman Nasional, dari Pulau Ken, Manado Tua, Siladen, Mantehage, hingga Bunaken, belum lagi pulau-pulau di sekelilingnya. Penduduk di kelima pulau itu, sekira 21 ribu jiwa.

‘SEGITIGA EMAS’ TERUMBU KARANG DUNIA

Pulau Bunaken secara geografis termasuk dalam wilayah ‘segitiga emas’ terumbu karang dunia, karena berada di jalur perairan laut antara Filipina, Papua Nugini, Malaysia, Timor Leste, Indonesia, dan kepulauan Solomon. Kekayaan alam di Bunaken juga luar biasa, ornop lokal dan internasional pun saling bekerjasama dalam menjaga terumbu karang dan mangrove.

Untuk mengunjungi Bunaken tidak ada masa liburnya. Anda bebas kapan saja mengunjungi dan menikmati wisata bahari tersebut. Tetapi, waktu yang tepat untuk menyelam di Bunaken adalah di antara Mei-Agustus, karena pada saat itu anda akan mendapatkan air laut yang jernih dan hangat, dengan 26-31 derajat celcius, menarik bukan.

Bawah laut Bunaken (foto: Two Fish Divers)

Lebih menariknya lagi, Bunaken memiliki 20 titik penyelaman atau dive spot, dengan berbagai tingkat kedalaman air laut yang beragam. Dari jumlah tersebut, 12 titik di antaranya berada di sekitar laut Pulau Bunaken, dan itu menjadi tempat favorit penyelam terbaik di lokal dan mancanegara.

Jika nanti anda mengunjungi Bunaken, cobalah anda menaiki Kataraman, yaitu sebuah kapal dengan dinding berkaca yang dapat disewa di lepas pantai Bunaken. Dengan begitu, anda bisa menikmati keindahan bawah laut Bunaken.

Lain itu, untuk menikmati alam bawah laut, anda juga bisa menyewa kapal selam Blue Banten yang beroperasi saat air laut pasang. Tapi, anda harus merogoh kocek cukup dalam untuk itu. Tentu saja, biayanya akan sepadan dengan keindahan yang kamu nikmati.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here