10 Tempat Wisata di Lombok yang Paling Menawan, Kalian Pasti Takjub

wisata lombok
Tempat Wisata dilombok

Memiliki alam yang indah serta tempat wisata di Lombok yang eksotis menawarkan pengalaman wisata yang unik juga berkesan. Wisata Lombok merupakan destinasi wisata di Indonesia yang sangat populer, eksistensi tempat wisata ini pun telah dikenal oleh dunia internasional.

Di Lombok terdapat sebuah gunung berapi yang bernama Gunung Rinjani dengan ketinggian 3.726 mdpl. Gunung Rinjani yang berada di Lombok merupakan gunung tertinggi ke-3 di Indonesia. Karena memiliki keindahan alam wisata yang mengagumkan, membuat beberapa tempat wisata di Lombok menjadi sangat populer, seperti pantai, gunung dan lain-lain.

Tempat Wisata di Lombok

Keindahan pantai di Lombok tidak perlu diragukan lagi, panorama keindahannya dapat Anda lihat saat sunrise maupun saat terbenamnya matahari.

Dengan mengunjungi beberapa tempat wisata menarik yang berada di Lombok, akan membawa Anda menuju perjalanan wisata yang sangat berkesan.

Bila Anda suka dengan kegiatan surfing, maka Anda dapat mencoba ombak di Lombok. Di Lombok, Anda akan menemukan ombak yang ganas juga memicu adrenalin.

Berikut ini adalah beberapa tempat wisata di Lombok yang sudah sangat dikenal oleh para wisatawan domestik maupun mancanegara, yang wajib Anda kunjungi.

  1. Pantai Kuta Lombok

Pantai ini bukanlah Pantai Kuta yang berada di Bali, tetapi ini adalah sebuah pantai yang sangat indah yang berada di pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Pantai Kuta Lombok merupakan salah satu tempat wisata yang menarik juga menawan.

Pantai Kuta Lombok
Pantai Kuta Lombok

Secara geografis, letak pantai ini dikelilingi oleh perbukitan. Selain itu, pantai ini juga memiliki pasir yang putih dan secara umum pantai ini belum terlalu banyak dikunjungi oleh wisatawan. Oleh sebab itu, Anda jangan merasa heran jika mengunjungi Pantai Kuta Lombok masih begitu terasa sepi.

Pantai ini secara administratif berada di Desa Kuta dan keberadaannya tidak terlalu jauh dari Bandara Internasional Lombok. Jika dari Senggigih, perjalanan menuju ke Pantai Kuta Lombok dapat memakan waktu hingga 1,5 jam. Jika Anda mengambil rute perjalanan dari Senggigi menuju Pantai Kuta Lombok, maka Anda akan melewati kota Mataram.

  1. Pantai Senggigi

Pantai Senggigi merupakan tempat wisata di Lombok yang sangat terkenal. Pantai ini memiliki keindahan yang mempesona.

Pantai Senggigi
Pantai Senggigi

Di Panta ini juga banyak wisatawan mancanegara yang berkunjung. Pantai Senggigi menjelama menjadi salah satu tempat wisata di Lombok yang sangat menarik dengan pemandangan garis pantainya yang cukup panjang, sungguh sangat menawan jika dilihat dari kejauhan dan juga dari ketinggian.

Dengan memiliki garis pantai yang panjang juga tegas, membuat Pantai Senggigi Lombok menyuguhkan gradasi warna pasir pantai dari hitam ke putih.

Pantai Senggigi memiliki ombak yang tidak besar, air lautnya bersih dan jernih. Itulah yang membuat wisatawan mancanegara sangat menyukai tempat wisata Lombok yang satu ini.

Para turis yang datang ke Panta Senggigi, lebih sering menghabiskan waktunya untuk berjemur, snorkeling, berenang, juga bermain-main di tepi pantai/

  1. Desert Point (Bangko-Bangko) Lombok
    Lombok3

Jika Anda ingin menikmati surfing atau berselancar, maka Desert Point Lombok adalah pilihan yang tepat untuk dikunjungi. Desert Point merupakan salah satu tempat surfing yang paling populer di Indonesia dan telah dinobatkan juga sebagai salah satu dari 10 tempat surfing dengan ombak yang paling ganas, versi dari International Surfing Association.

Desert Point (Bangko-Bangko) Lombok
Surfing di Desert Point (Bangko-Bangko) Lombok

Jika Anda tertarik untuk melakukan surfing di tempat ini, untuk perjalanan menuju ke Desert Point Anda dapat menggunakan kapal ferry dari Bali menuju Pelabuhan Lembar, Lombok. Masyarkat lokal biasa menyebut Deseert Point sebagai pantai Bangko-Bangko, yaitu pantai tujuan surfing yang berada di Barat Daya Pesisir Lombok.

Bila Anda sudah tiba di Pelabuhan Lembar, setelah itu Anda dapat menggunakan kendaraan travel atau mobil sewaan untuk melanjutkan perjalanan menuju Desert Point yang memakan waktu sekitar 2 jam. Selai itu, di Desert Point pun tersedia pondok-pondok penginapan yang sederhana.

Desert Point merupakan salah satu tempat wisata yang berada di Lombok dan wajib untuk Anda kunjungi, khususnya untuk kalangan para peselancar. Tempat surfing terbaik di Indonesia dapat Anda temui di pantai-pantai berada di Pulau Nias Sumatera Utara, Kuta Bali, Plengkung Banyuwangi hingga Pelabuhan Ratu Sukabumi.

  1. Gunung Rinjani

Gunung Rinjani merupakan tempat wisata di Lombok yang statusnya sudah ditetapkan sebagai taman nasional, yaitu sebuah ekosistem yang telah dilindungi oleh pemerintah Indonesia dengan karakter hujan hutan pegunungan juga savana.

gunung rinjani
Gunung Rinjani

Luas dari area taman nasional ini sekitar 40,000 hektar. Gunung Rinjani berada di utara Pulau Lombok, dengan ketinggian 3,726 mdpl. Selain itu, Gunung Rinjani juga merupakan gunung merapi tertinggi kedua di Indonesia setelah Gunung Kerinci yang menempati urutan nomor 1.

Kawah di Gunung Rinjani sangat luas, dan juga terdapat sebuah danau kawah yang bernama Danau Segara Anak.

Menurut kepercayaan dari masyarakat setempat, jika melihat Danau Segara Anak itu luas, maka itu adalah sebuah pertanda usia orang yang melihatnya tersebut masih panjang.

Sedangkan sebaliknya jika terlihat tampak sempit, maka itu pertanda orang yang melihatnya memiliki umur yang pendek.

Selain itu, untuk dapat memandang kembali Danau Segara Anak disarankan untuk membersihkan diri dan juga berjiwa tenang. Dan danau ini pun dapat digunakan sebagai tempat untuk memancing.

  1. Gili Air, Gili Meno dan Gili Trawangan Lombok

    Gili Trawangan Lombok

Tempat ini juga disebut sebagai tiga pulau eksotis yang berada di Lombok juga menjadi salah satu tujuan tempa wisata favorit para turis asing.

Gili Trawangan berada di bagian barat Lombok, pulau ini memiliki air laut yang bening dan jernih, pasir putih yang bersih, terumbu karang dan aneka ikan hias yang menawan.

Kebanyakan wisatawan yang datang ke gili ini untuk menikmati keindahan pantai juga berenang, berjemur dan snorkeling.

Di tempat wisata ini menyediakan banyak fasilitas publik yang sangat lengkap, seperti hotel dan penginapan, diskotik, cafe, restoran serta tempat untuk beeribadah. Perjalanan menuju 3 gili ini dari Lombok dapat ditempuh selama 30 menit.

Di antara ketiga gili tersebut, Gili Trawangan adalah yang paling jauh lokasinya. Selain itu, di Gili Trawangan sering menggelar pesta pantai dengan alunan musik sepanjang malam, sehinga banyak anak muda yang datang ke gili tersebut.

Sedangkan Gili Meno adalah tempat relaks yang sangat tepat untuk Anda yang ingin mencari sebuah ketenangan dan menikmati suasana pantai yang tidak begitu ramai. Lokasi Gili Meno ini berada di tengah-tengah di antara ketiga gili.

Sementara Gili Air merupakan pulau yang lokasinya sangat dekat dengan Lombok. Banyak wisatawan yang berkunjung ke Gili Air bersama dengan keluarganya. Penduduk lokal di Gili Air jumlahnya lebih banyak dari pada gili lainnya.

  1. Pantai Selong Balanak

Selain Pantai Senggigi, Pantai Selong Balanak adalah salah satu pantai wisata di Lombok yang juga menawan. Pantai Selong Balanak berada di Kabupaten Lombok Tengah, dan pantai ini memiliki pasir putih yang bersih.

Pantai Selong Balanak
Pantai Selong Balanak

Selain itu, butiran pasir di pantai ini pun begitu halus, tetapi saat terkena air laut akan mengeras.

Oleh sebab itu, di sini Anda akan melihat kendaraan yang dapat berlalu lalang di bibir pantai. Pantai Selong Balanak adalah salah satu tempat wisata di Lombok yang sangat menari dan wajib Anda kunjungi.

  1. Pantai Tanjung Aan

Jika Anda ingin mengunjungi Pantai Tanjung Aan, Anda dapat melakukan perjalanan dari Mataram dengan waktu tempuh sekitar 1,5 jam.

Pantai Tanjung Aan memiliki karakteristik pantai dengan pasir putih yang bersih dan air laut yang kebiruan juga jernih.

Pantai Tanjung Aan
Pantai Tanjung Aan

Secara geografis, pantai ini letaknya tidak terlalu jauh dari Pantai Kuta Lombok. Perjalanan dari Mataram ke Pantai Tanjung Aan akan berjalan lancar, karena jalanan beraspal dan mulus sehingga dapat dengan cepat mengantarkan Anda ke pantai tersebut.

  1. Tanjung Bloam

Tempat wisata Tanjung Bloam Lombok ini memang belum begitu terkenal di kalangan wisatawan. Selain itu, akses jalan untuk menuju Tanjung Bloam pun tidak begitu bagus. Jalan menuju Tanjung Bloam masih belum beraspal, dan Anda juga akan sering menemukan pemandangan yang gersang dan tandus di sepanjang perjalanan.

Tanjung Bloam
Tanjung Bloam

Tanjung Bloam berada di selatan Lombok, secara administratif tempat ini masuk ke dalam wilayah Lombok Barat.

Perjalanan menuju Tanjung Bloam jika ditempuh dari Mataram akan memakan waktu kurang lebih 2,5 jam. Kekuatan dari tempat wisata ini adalah panorama pantai yang sangat indah dan keindahan pantai merupakan potensi utama yang dimiliki oleh pantai Lombok ini.

Di tempat wisata pantai Lombok ini, Anda juga dapat menyaksikan konservasi penyu dengan habitat yang berada di sekitar tebing dan juga di sepanjang garis pantai yang membentang dari ujung utara hingga ke selatan. Selain itu, di Tanjung Bloam Anda dapat melihat dua tebing batu pedas yang mengapit pantai. Panorama alam di pantai ini sangat indah. Di sini Anda akan melihat hamparan pasir putih juga menikmati keindahan air laut Tanjung Bloam yang biru dan jernih.

  1. Pantai Sekotong

Tempat wisata Pantai Sekotong ini berada di wilayah Kabupaten Lombok Barat. Pantai Sekotong mudah dijangkau dari berbagai rute perjalanan.

Pantai Sekotong
Pantai Sekotong

Perjalanan ke Pantai Sekotong dari Kota Mataram akan memakan waktu kurang lebih sekitar 1 jam dengan jarak tempuh 60 mm melalui Pelabuhan Lembar. Jika Anda mengambil rute perjalanan dari Selong Balanak di Lombok Tengah, maka jarak tempuh ke Pantai Sekotong ini berjarak sekitar 75 hingga 85 km.

  1. Rumah Adat Dusun Sade

    Rumah Adat Dusun Sade
    Rumah Adat Dusun Sade

Dusun Sade ini terletak di Desa Rambitan, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah. Yang menjadi penghuni Dusun Sade adalah penduduk asli Suku Sasak, yaitu komunitas yang masih mempertahankan adat tradisi Lombok hingga saat ini.

Kehidupan sosial dan keseharian dari masyarakat Dusun Sade masih sangat terasa kental dengan tradisi Sasak jaman dulu.

Oleh karena itu, Dusun Sade telah ditetapkan sebagai salah satu desa wisata di Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Rumah Adat Dusun Sade
Rumah Adat Dusun Sade

Karakteristik dari rumah penduduk di Dusun Sade dibangun dari bambu dan untuk atapnya berasal dari daun alang-alang. Selain itu, di tempat ini juga rumah adat khas Sasak masih berdiri dengan kokoh juga terawat dengan baik.

Bagikan Yuk..!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here