Ini Cara Mengembalikan File Yang Hilang Di Flashdisk Karena Virus

Ini Cara Mengembalikan File Yang Hilang Di Flashdisk Karena Virus

Masih takut dengan serangan virus? Mungkin Cara Mengembalikan File Yang Hilang Di Flashdisk Karena Virus ini akan sangat membantu.

Meski pada dasarnya OS Windows terbaru sistem keamanannya sangat maksimal, namun ketika menggunakan PC lain dengan versi OS dibawahnya, sangat tidak mustahil jika anda mengalami masalah tersebut.

Seperti yang kita ketahui, Flashdisk merupakan alat penyimpanan portable yang sangat dibutuhkan. Khususnya untuk menyimpan data kecil yang dianggap penting dalam kehidupan sehari-hari.

Sebagai contoh ialah untuk menyimpan foto, video, dokumen, atau hal lain yang sering diperlukan. Atau bahkan untuk menyimpan file supaya bisa dipindahkan dan juga di print out.

Dengan begitu banyak fungsi, tentu mencegah flashdisk terjangkit virus sangat perlu dilakukan. Namun jika sudah terlanjut terjadi, maka tips berikut bisa langsung anda terapkan.

Ini Cara Mengembalikan File Yang Hilang Di Flashdisk Karena Virus

Menyimak dari berbagai sumber di internet, ada berbagai cara yang bisa anda terapkan untuk mengatasi file hilang pada flashdisk.

Beberapa diantaranya ialah menggunakan anti virus (Smadav), atau dengan alternatif lain yang tidak harus menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Jika memang sudah penasaran, silahkan perhatikan langkah-langkah dibawah ini.

1. Jangan Panik Atau Khawatir

Panik atau bahkan khawatir file benar-benar hilang merupakan perasaan yang seharusnya anda buang jauh-jauh.

Sebab semua masalah pasti mempunyai cara tersendiri untuk menyelesaikannya. Oleh karena itu, selalu yakin dengan usaha yang pasti ada hasil.

2. Hubungkan Flashdisk Dengan PC/Laptop

Pada tahap ini, kami menggunakan laptop dengan OS Windows 10. Sehingga tampilan atau lokasi menu akan berbeda.

Namun poin dari langkah tersebut tetap sama, yakni untuk mengembalikan file pada flasshdisk yang disembunyikan oleh virus.

3. Hapus Short Cut Yang Ada

Dalam keadaan flashdisk tertancap pada laptop, tentu semua file yang tersisa akan tampil. Umumnya file tersebut disembunyikan dengan diganti dengan shortcut.

Untuk mengenali bentuk shortcut, yakni dengan adanya panah melengkung pada ikon yang muncul. Lebih jelasnya bisa anda lihat pada lampiran gambar diatas.

Secara umum, akan ada folder tambahan seperti halnya recycler dan juga autorun.inf. Dan untuk melanjutkan, anda langsung saja hapus semua shortcut yang ada didalam flashdisk.

4. Search CMD dan Klik Untuk Menggunakan

CMD disini mempunyai peranan sangat penting jika anda paham perintah apa yang ingin digunakan.

Namun untuk mempersingkat waktu, maka disini kami hanya fokus pada tutorial menampilkan file yang disembunyikan oleh virus pada flashdisk.

Jika CMD sudah terbuka, maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini. Maka anda pun bisa memasukkan perintah untuk menampilkan file.

5. Masuk Directory Flashdisk

Pada tahap ini, maka anda harus tahu posisi directory flashdisk yang sedang tertancap pada komputer.

Sebagai contoh adalah F, maka langsung saja anda ketik F dan Enter.

6. Ketikkan Perintah Untuk Menampilkan File

Perintah untuk menampilkan file terbilang sederhana. Apabila anda ingin langkah yang lebih cepat, maka bisa mengetik atribut berikut ini : attrib -s -h *.* /s /d

Perlu di ingat, pengetikan perintah hasus memakai spasi semua. Dan tekan enter untuk melanjutkan.

7. Buka Windows Explorer

Jika semua langkah yang sudah anda lakukan diatas benar, maka seharusnya masalah sudah terselesaikan.

Intinya anda cukup membuka file explorer dan cek pada flashdisk yang masih keadaan terhubung dengan komputer.

Selesai! Masalah anda pun terselesaikan. Dari sini, anda bisa mengopy terlebih dahulu file yang diperlukan, selanjutnya format ulang flashdisk.

Sekian dari kami dan semoga bisa membantu!

Bagikan Yuk..!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here