Cara Paling Mudah dan Jitu Hadapi Ransomware

Pakar keamanan cyber, Pratama Persadha

JAKARTA- Serangan Ransomware WannaCry membuat khawatir banyak orang. Pasalnya virus tersebut menyerang dan merusak data tanpa ampun. Sekali dapat serangan, data yang sudah dihimpun bertahun-tahun, bisa hilang dalam sekejap.

Pakar keamanan cyber, Pratama Persadha.

Tapi, tidak usah khawatir. Ada cara paling mudah dan jitu dalam menghadapi Ransomware WannaCry tersebut.

Pakar keamanan siber, Pratama Persadha, mengatakan cara yang paling mudah dan jitu adalah backup data. “Ini salah satu cara paling mudah melawan Ransomware. Ia menyerang data, kalau sudah ada backup­-nya di device lain kita tidak perlu khawatir, tinggal format saja perangkatnya,” kata Pratama dalam sebuah diskusi, Selasa 16 Mei 2017.

Kata Pratama, sebenarnya cara seperti itu adalah antisipasi yang paling standar dalam berinternet. Tapi, terkadang kabanyakan orang lupa untuk melakukan langkah yang sangat simpel tersebut.

Menurutnya, sejauh pemerintah belum dalam mengamankan dunia internet dari serangan virus, terutama Ransomware itu, maka masyarakat harus berupaya untuk mengamankan dirinya sendiri. Selain melakukan backup data, dia juga menyarankan agar menggunakan antivirus, dan updated OS terbaru.

Bagikan Yuk..!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here