Cara Menyelamatkan Data Saat Layar Smartphone Pecah Atau Mati

Cara Menyelamatkan Data Saat Layar Smartphone Pecah Atau Mati

Secara umum, Cara Menyelamatkan Data Saat Layar Smartphone Pecah Atau Mati bisa diperoleh dari berbagai sumber di internet. Namun cara yang mereka bagikan berbeda.

Mempunyai peranan sebagai salah satu referensi, kali ini kami juga akan berbagi mengenai hal tersebut. Sehingga jika anda mengalami masalah layar ponsel pecah, atau mati total, masih bisa menyelamatkan data didalamnya.

Pada dasarnya, untuk melakukan pencegahan masalah serupa, anda bisa menghindari menyimpan data di memori internal. Atau mencadangkan data tersebut pada memori ekternal (micro SD).

Namun dengan besarnya penawaran memori internal pada setiap produk baru. Tidak sedikit orang yang malas untuk membeli SD card yang harga terbilang masih sedikit mahal.

Cara Menyelamatkan Data Saat Layar Smartphone Pecah Atau Mati

Menoleh kebelakang, pasti semua orang tidak menginginkan jika perangkat atau smartphone mereka rusak. Akan tetapi, kerusakan bisa saja terjadi tanpa diduga.

Masuk pada kerusakan paling umum, smartphone bisa saja mengelami layar pecah atau hingga mati total. Lebih tepatnya ponsel tersebut sudah tidak bisa digunakan.

Sebab jika layar ponsel sudah pecah, maka bisa dipastikan bahwa akan sangat sulit untuk mengoperasikannya. Termasuk juga untuk memindahkan data didalamnya.

Oleh karena itu, untuk bisa mengambil langkah yang benar, ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk menyelamatkan data tersebut. Beberapa diantaranya ialah :

1. Kondisi Layar Pecah Tapi Masih Menyala

Jika smartphone layarnya sudah pecah, namun masih tetap bisa nyala. Maka dalam hal ini bisa memanfaatkan sambungan USB pada ponsel. Seperti halnya dengan fitur OTG pada pnsel.

Cara ini terbilang akan sangat membantu untuk memindahkan data pada ponsel. Pasalnya anda hanya perlu menancapkan kabel USB dan menghubungkan ponsel dengan komputer.

Selanjutnya bisa dilakukan pemindahan data secara maksimal. Baik dari data internal atau eksternal.

Uniknya, fitur OTG pada smartphone mendukung penggunaan mouse untuk mengoperasikan ponsel. Sehingga bisa digunakan untuk membuka kunci pada layar yang menggunakan pin, sandi atau password.

2. Menyelamatkan Data Pada Ponsel Layar Mati Total

Tips ini mungkin akan sangat membantu bagi anda yang mempunyai ponsel dengan kondisi layar smartphone mati total, sehingga tidak bisa digunakan.

Untuk bisa memindahkan data pada perangkat, anda bisa memanfaatkan program Virtual Network Computing (VNC), tepatnya untuk bisa mengakses smartphone dari komputer.

Akan tetapi, perlu juga dipastikan sebelumnya bahwa ponsel sudah terpasang aplikasi yang sama dengan komputer.

Dalam hal ini, aplikasi bisa di install langsung dari Playstore, hingga bisa bisa langsung diterapkan untuk berjaga-jaga dari hal yang tidak terduga.

3. Menghubungi Layanan Purna Jual (Service Center)

Jika semua cara yang sudah kami jelaskan tidak bisa memberikan hasil, maka solusi terakhir ualah dengan menghubungi layanan purna jual.

Dengan memanfaatkan layanan tersebut, bisa saja anda masih bisa memperoleh data secara lebih utuh pada perangkat yang rusak berat.

Meski begitu, sebagai solusi terakhir, tentu akan dikenakan biaya untuk bisa menerapkannya. Namun tidak salahnya untuk mencoba jika memang data yang ada pada ponsel sangat penting.

Pada kondisi tertentu, anda juga bisa memaksimalkan garansi dari ponsel. Tentu dengan rentang waktu masih dalam keadaan aktif, atau garansi masih berlaku.

Bagaimana? Apa keterangan yang kami buat diatas masih kurang? Untuk memperoleh tips dan triks android terbaru, bisa dengan membookmark oranyenews.com pada perangkat anda.

Sekian untuk tips kali ini, semoga bisa membantu dan berguna bagi yang membutuhkan.

Bagikan Yuk..!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here