Ini Dia Cara Menjadikan Laptop Sebagai Hotspot

Untuk menerapkan Cara Menjadikan Laptop Sebagai Hotspot, disini admin sudah merangkum beberapa keterangan sederhana. Sehingga dengan kondisi laptop terhubung dengan wifi, bisa dipecah kembali menjadi sinyal baru.

Berhubung ada banyak pengguna yang mencari informasi terkait, maka disini admin akan menyediakan tutorialnya. Dan karena laptop terbaru sekarang tidak mendukung OS lawas, maka tips ini akan diprioritaskan pada penggunaan Windows 10.

Kenapa harus menggunakan laptop? Jika disimak dari segi keunggulan, penggunaan PC laptop/notebook lebih mudah dibanding melalui ponsel. Jika ponsel harus merelakan pemakaian data, beda dengan komputer yang hanya perlu tersambung dengan wifi. Sehingga pemaikaian tanpa perlu memikirkan kuota.

Ini Dia Cara Menjadikan Laptop Sebagai Hotspot

Yang menjadi pertanyaan adalah : Bagaimana langkah-langkah menjadikan laptop sebagai hotspot wifi? Semua pertanyaan akan terjawab jika sudah melihat tutorial dibawah ini.

  1. Pada tampilan awal laptop (desktop), silahkan klik pada logo windows (Start) dan pilih logo gear (pengaturan)
  2. Pada tahap ini, pengguna akan disajikan dengan tampilan setting Windows. Seperti halnya system, devices, phone, Network & Internet. Atau untuk lebih jelasnya bisa simak pada gambar diatas.
  3. Untuk melanjutkan silahkan pilih “Network & Internet
  4. Jika sudah dibuka, maka muncul keterangan tentang sambungan yang sedang aktif. Untuk mempersingkat waktu, silahkan klik “Mobile Hotspot
  5. Maka dengan demikian pengguna akan tertuju pada menu untuk mengatur nama dari sinyal keluaran laptop.
  6. Jika ingin menggunakan setingan default, maka pengguna cukup mengaktifkan hotspot. Caranya ialah dengan menggeser tombol switch seperti gambar dibawah.
  7. Selesai, dan hotspot wifi laptop pun sudah bisa digunakan.
  8. Namun sebelum sebelum keluar dari setting, dianjurkan untuk menghafal sandi wifi yang diaktifkan.

Bagaimana cara mengganti nama dan sandi hotspot laptop? Pada dasarnya langkah ini bisa dilanjutkan pada langkah-langkah diatas. Namun supaya pengguna tidak bingung, maka bisa ikuti step dibawah ini.

Cara mengubah nama dan sandi hotspot wifi laptop Windows 10.

  1. Lakukan langkah awal seperti pada tutorial diatas hingga sampai pada pengaturan Hotspot Mobile. Cek pada gambar dibawah ini, setingan yang tersimpan merupakan hotspot admin terdahulu.
  2. Mengganti nama dan sandi bisa dilakukan ketika hotspot aktif ataupun non-aktif. Akan tetapi lebih baik dalam keadaan tidak aktif. Untuk melanjutkan, silahkan klik “Edit
  3. Selanjutnya akan muncul menu pop-up untuk mengubah nama dan sandi. Lebih jelasnya bisa disimak pada gambar berikut.
  4. Perlu diperhatikan, yang perlu diganti hanya yang berada pada kotak kuning saja. “Network name” untuk mengubah nama hotspot, dan “Network password” untuk mengubah kata sandi.
  5. Untuk mengakhiri, cukup tekan ‘Save
  6. Kemudian pengguna bisa langsung tes dengan mencari sinyal wifi baru menggunakan ponsel.
  7. Sebelumnya jangan lupa untuk menyalakan tombol Hotspot Mobile.

Sebagai tambahan : Pastikan terlebih dahulu laptop sudah tersambung dengan jaringan internet. Baik itu melalui wifi, kabel LAN, ataupun USB modem.

Bagaimana jika laptop masih menggunakan OS Windows yang lebih lawas, seperti Win7 dan 8. Dalam hal ini admin belum pernah praktek sendiri dengan cara tanpa bantuan aplikasi.

Namun jika sekedar untuk coba-coba, disini pengguna bisa menggukana software gratis seperti halnya Connectify, Virtual Router, MaryFi, baidu wifi hotspot, mHotspot, MyPublicWifi, dan lain-lainnya.

Namun jika meminta saran dari admin. Aplikasi yang pernah dicoba ialah mHotspot dan Connectify. Sebab selain mempunyai tampilan interface yang sederhana. Cara settingnya pun sangat mudah.

Bagaimana? Apa tertarik untuk mencoba? Pada dasarnya langkah diatas bisa dipraktekkan oleh siapa saja. Bahkan oleh orang awam sekalipun.

Bagikan Yuk..!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here