Berikut Tata Cara Mengubah Ukuran Foto Menjadi 100kb

Berikut Tata Cara Mengubah Ukuran Foto Menjadi 100kb

Ada beberapa Cara Mengubah Ukuran Foto Menjadi 100kb, dalam hal ini bisa dilakukan manual di laptop, atau bisa juga secara online. Namun untuk memberikan informasi yang lebih lengkap, maka disini admin akan menjelaskan semuanya.

Mengecilkan ukuran foto terkadang dibutuhkan ketika peraturan upload atau kirim file oleh oleh pihak yang bersangkutan. Seperti halnya hasil scan file, yang kemudian di upload pada pihak website kampus ketika mendaftar kuliah, atau hal lain yang menuntut ketentuan serupa.

Nah, dalam hal ini admin mencoba mencari referensi untuk merangkum cara termudah untuk mengatasi masalah tersebut. Seperti apa dan bagaimana? ada baiknya jika menyimak tutorial ini hingga paling akhir.

Berikut Tata Cara Mengubah Ukuran Foto Menjadi 100kb

Pada dasarnya mengubah ukuran foto menjadi lebih kecil sangatlah sederhana. Asal pengguna sudah paham tentang langkah, serta program/aplikasi yang digunakan.

Dalam hal ini, admin sering memanfaatkan aplikasi bawaan windows, yakni Paint yang bisa dibuka langsung untuk menjalankan praktek. Dikarenakan umumnya shortcut Paint tidak muncul pada desktop, maka bisa mengikut langkah berikut :

1. Mengubah Ukuran Foto Menjadi 100kb Dengan Paint

Untuk langkah-langkah mengubah ukuran foto menggunakan Paint, bisa menerapkan tutorial berikut.

  • Buka windows explorer, dan cari foto yang ingin diubah ukurannya.
  • Klik Kanan pada foto tersebut dan pilih “Open With” > “Paint“, Pada tahap ini, foto akan langsung terbuka dengan aplikasi paint.
  • Untuk melanjutkan, melihat pada poin satu pada gambar, maka bisa diganti pada bagian atas saja. Pasalnya untuk tabel kedua dibawahnya, agan berganti secara otomatis.
  • Pada poin 2, usahakan tetap dicentang untuk mengaktifkan rasio gambar secara otomatis. jadi hasil gambar tidak akan penyet, ketarik, ataupun sejenisnya.
  • Proses akhir, bisa tekan OK untuk menetapkan hasil.

Bagaimana cara menyimpannya? Tentu langkah lanjutan dari setap diatas tidaklah sulit. Pada aplikasi paint yang masih terbuka, ikuti langkah berikut :

  1. Klik File > Save As
  2. Pada tampilan ini pengguna akan menemukan beberapa pilihan foto akan disimpan dengan format apa. Seperti halnya PNG, Gif, BMP, dan juga JPEG.
  3. Untuk format standar foto ialah JPEG.
  4. Langsung saja klik JPEG
  5. Jika ditanya lokasi penyimpanan, silahkan pilih folder dan klik Save.

2. Mengubah Ukuran File 100kb Online

Cara ini sebenarnya bisa dilakukan dengan mudah, pasalnya cukup dengan sedikit pengaturan, maka gambar secara otomatis terkompres. Sehingga pengguna hanya perlu mengunduh untuk menyimpannya. Langkah yang harus diterapkan diantaranya :

Pertama buka dulu website kompres foto online di https://www.imgonline.com.ua/eng/compress-image-size.php, maka tampilannya seperti dibawah ini.

Penjelasan mengenai gambar diatas :

  • Poin 1 ialah untuk membuka atau memilih foto untuk di kompres
  • Poin 2 Mengatur ukuran foto menurut besar, atau bisa juga dengan persentase.
  • Poin 3 Pengaturan output gambar hasil kompres. Dalam hal ini bisa diabaikan dengan format standar saja.
  • Poin 4 ialah untuk setuju atau menyimpan hasil seting.
  • baru selanjutnya file bisa diunduh pada perangkat masing-masing.

Jika melakukan perbandingan antara cara satu dan dua, mungkin akan lebih mudah dengan menerapkan cara dua. Sebab tampilan lebih sederhana, dan mungkin lebih familiar untuk langsung praktek.

Namun perlu dipastikan, menggunakan cara dua harus memastikan bahwa perangkat yang dipakai sudah terhubung dengan internet. Pasalnya semua langkah dilakukan secara online.

Bagaimana? Apa berminat untuk mencoba? Tentu tips diatas sudah diuji coba langsung oleh admin. Serta hasil yang diperoleh pun tidak mengecewakan.

Bagikan Yuk..!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here