Menjengkelkan Begini, Cara Menghapus File Yang Tidak Bisa Di Hapus

Cara Menghapus File Yang Tidak Bisa Di Hapus
Cara Menghapus File Yang Tidak Bisa Di Hapus

Begini Cara Menghapus File Yang Tidak Bisa Di Hapus umumnya bukanlah hal yang membingungkan. Sebab bisa saja hal tersebut terjadi kapanpun dan dimanapun. Khususnya bagi pengguna pc yang sering menginstall program di laptop ataupun komputer mereka.

Bagaimana jika file yang dimaksud bukan pada pc? seperti android misalnya. Tenang saja, sebab disini admin siapkan beberapa tips sehingga masalah tersebut bisa terselesaikan. Seperti apa dan bagaimana? Alangkah baiknya jika menyimak tutorial ini hingga paling akhir.

Nah pada beberapa kesalahan, pengguna sering mengalami kesulitan untuk menghapus file/folder lantaran terkunci atau tersembunyi. Ketika sedang mengambil langkah, terkadang muncul keterangan “Could not find this item” atau file tiba-tiba hilang, namun kembali lagi ketika membuka file explorer.

Terlepas dari keterangan tersebut, beberapa yang paling umum seperti :

  • Cannot delete this file Acces Denied
  • There has been a sharing violation
  • The source or destination file may be in use
  • The file or directory is corrupted and unreadable.
  • Dan masih banyak lagi yang lainnya.

Sebelum beranjak pada langkah-langkah (usaha) penghapusan, ada baiknya jika mengetahui terlebih dahulu penyebab dari file tersebut tidak bisa delete. Jika melansir dari berbagai sumber, serta berawal dari pengalaman pribadi, hal tersebut mencakup :

  • File atau folder pada pc/laptop mempunyai permissions yang kuat
  • File yang tersimpan pada folder tengah digunakan pada program (file aktif)
  • File tengah dipakai oleh orang lain (khusus bagi komputer yang di sharing) melalui jaringan LAN dengan beberapa User Accounts.

Cara Menghapus File Yang Tidak Bisa Di Hapus

Untuk bisa menghapus file yang bandel tersebut, ada beberapa langkah yang bisa diterapkan. Untuk lebih singkatnya, silahkan cek pada daftar dibawah ini.

1. Merestart PC/Laptop/Komputer
Langkah ini dilakukan untuk memastikan bahwa file tidak sedang digunakan oleh program. Sehingga menghalangi proses penghapusan. Atau bisa juga dengan mengganti User Account, dari pengguna ke Administrator.

2. Menghentikan Program Yang Berhubungan Dengan File
Jika muncul keterangan “File in use” tentu hal ini sangat mudah untuk ditangani. Caranya ialah dengan masuk pada Task Manager. Untuk cara pintasnya bisa dengan Ctrl+Alt+Del atau Ctrl+Shift+Esc, selanjutnya cari program yang dimaksud kemudian tekan “End Task

3. Masuk Pada Safe Mode
Seberapa bandel file yang ingin dihapus, bisa dipastikan bahwa file tersebut nantinya bisa disingkirkan. Akan tetapi, dalam hal ini perlu langkah tepat dengan masuk pada safe mode. Caranya ialah (komputer dalam keadaan mati), nyalakan dan tekan F8 sebelum menyala.

Pada dasarnya, dengan menerapkan beberapa langkah diatas, seharusnya masalah tersebut sudah bisa teratasi. Namun jika masih belum teratasi, maka perlu bantuan dari program/aplikasi pihak ketiga.

Sebelumnya coba cari terlebih dahulu aplikasi (software) yang bisa diperoleh secara gratis di internet. Sebagai contoh ialah Free unlocker, Tizer Unlocker, Delete Doctor, Iobit Unlocker, MoveOnBoot, Wise Force Deleter, dll. Yang disebutkan merupakan nama-nama software yang bisa digunakan untuk menghapus file membandel.

4. Menghapus File Dengan Unlocker
Program ini mempunyai peranan untuk membuka kunci file atau folder lantaran digunakan oleh aplikasi yang sedang berjalan. Langkah-langkahnya sangatlah mudah:

  • Pertama cukup klik kanan pada file/folder yang ingin dihapus

    Cara Menghapus File yang Tidak Bisa Dihapus
    Cara Menghapus File yang Tidak Bisa Dihapus
  • Pada tampilan selanjutnya, cukup pilih unlocker.

    Tampilan Software unlocker
    Tampilan Software unlocker

Peranan yang sangat ampuh dari software unlocker berguna untuk menghapus file yang tidak bisa dihapus. Akan tetapi, umumnya aplikasi tersebut juga diinstall bersamaan dengan toolbar Ebay, Amazon, dll. Namun hal tersebut juga bisa dihilangkan dengan mudah.

Sebagai pamungkas, cara diatas hanya sebagian kecil dari begitu banyak tips yang bisa dilakukan. Jadi jangan patah semangat untuk mencoba.

Bagikan Yuk..!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here