Bagaimana Cara Mengatasi USB Device Not Recognized? Ini Triksnya

Cara Mengatasi USB Device Not Recognized
Ilustrasi USB

Cara Mengatasi USB Device Not Recognized pada dasarnya tidak sesulit dengan apa yang dipikirkan. Pasalnya, jika menerapkan langkah yang benar, tentu masalah tersebut akan sangat mudah untuk diatasi. Bagaimana cara memperbaiki USB Device Not Recognized?

Tidak dipungkiri bahwa masalah sering terjadi ketika kita menghubungkan Flasdisk, Card reader, atau perangkat lain pada komputer. Salah satunya ialah USB Device Not Recognized sehingga tidak bisa membaca perangkat yang disambungkan tersebut.

Hal ini bisa disaja disebabkan oleh beberapa faktor. Seperti halnya, port USB yang kotor, kerusakan pada flasdisk, driver usb pada pc yang sudah lawas, serta beberapa hal lain yang memicu tidak maksimalnya kinerja port USB tersebut.

Nah, dari sisi pengalaman yang juga pernah dialami oleh admin, maka disini kami mencoba untuk merangkum langkah penyelesaiannya. Dalam hal ini, ada beberapa hal yang mungkin bisa dilakukan.

Bagaimana Cara Mengatasi USB Device Not Recognized? Ini Triksnya

Sesuai masalah yang sudah admin sebutkan pada judul, berikut beberapa hal yang bisa diterapkan untuk menyelesaikan masalah “USB Device Not Recognized”.

1. Menggunakan Port Yang Berbeda

Port merupakan tempat untuk menghubungkan USB dengan perangkat komputer. Dalam hal ini, port bisa saja mengalami masalah. Entah karena kotor, sambungan kabel ada yang terputus, atau hal lainnya.

Jadi, jika awalnya pengguna menggunakan port A, maka bisa dicoba untuk ditancapkan pada port B. Pasalnya untuk satu PC, tersedia beberapa port yang bisa digunakan sekaligus. Jika pada PC/komputer, umumnya tersedia 4 atau lebih port USB, sedangkan untuk laptop, biasanya 2 port.

Jika pengguna mengalami masalah ini pada komputer, maka diusahakan menggunakan port yang ada pada bagian belakang PC. Sebab port tersebut langsung tersambung ke mainboard tanpa ada kabel pendukung.

2. Restart Komputer

Cara ini mungkin terbilang paling sederhana, sebab pengguna hanya perlu mematikan (shotdown), kemudian menyalakan kembali pc. Tujuannya ialah mencegah crash driver, serta mengulang beberapa program yang aktif di latar belakang.

Restart ini juga mempunyai fungsi untuk memaksimalkan kinerja komputer. Sehingga bisa dilakukan jika pc sudah dirasa sangat lelet.

3. Uninstal / Update Driver

Bagi pengguna komputer yang masih awam, instal ulang windows terkadang tidak disertai dengan pemasangan driver. Jika memang demikian, maka tidak hanya USB saja yang bermasalah, melainkan juga sound, dan juga gambar.

Jika memang melakukan perakitan sendiri, pembelian motherboard akan memperoleh cd driver. Jadi sesudah menginstal Windows, diwajibkan menginstall juga driver dari mobo tersebut.

Penginstalan mencakup empat elemen, yakni chipset, vga, sound, dan juga ethernet. Jika cd driver masih asli, maka hanya butuh satu kalik klik agar penginstalan berjalan otomatis.

Untuk mengupdate driver, akan lebih mudah jika menggunakan driver pack. Pasalnya program ini akan melakukan scan otomatis.

4. Ganti Power Supply

Suka mengotak-atik sendiri komputer rakitan? Tentu mengganti power supply bukanlah langkah yang sulit. Bahkan cara ini bisa diterapkan untuk mengatasi USB Device Not Recognized.

Masalah tersebut juga bisa disebabkan oleh tidak normalnya aliran listrik pada port USB. Khususnya bagi port tambahan yang umumnya menggunakan kabel.

Dengan mengganti power supply, maka kemungkinan besar masalah tersebut bisa diatasi. Namun sekedar untuk coba-coba, gunakanlah power supply harga murah saja.

5. Restore Windows

Cara ini mungkin tidak amin sarankan, pasalnya bisa saja langkah-langkah yang dilakukan memicu kinerja dari windows. Jika memang terpaksa, mungkin akan lebih baik jika install ulang, atau dengan membawa pada tukang sevis.

Patut diperhatikan, masalah USB Device Not Recognized kemungkinan disebabkan oleh USB yang dihubungkan. Jadi sebelum mengambil langkah lebih lanjut, mungkin bisa mencoba flasdisk lain terlebih dahulu.

Bagikan Yuk..!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here