Cara Mengatasi Aplikasi Android Yang Tiba-Tiba Hilang

Cara Mengatasi Aplikasi Android Yang Tiba-Tiba Hilang

Oranyenews.com – Secara tidak sadar, Cara Mengatasi Aplikasi Android Yang Tiba-Tiba Hilang pada dasarnya sangat sederhana. Namun terkadang hal tersebut tidak pernah anda sadari.

Seperti yang anda ketahui, aplikasi merupakan perangkat lunak yang bisa dipasang pada beberapa sistem operasi (OS), termasuk juga android.

Dengan aplikasi tersebut, para pengguna bisa memanfaat untuk berbagai keperluan. Seperti halnya browser untuk internet, game untuk permainan, kamera, dan lain sebagainya.

Akan tetapi, aplikasi yang dimaksud terkadang mengalami crash atau error. Sehingga secara tidak langsung akan berimbas pada kinerja smartphone. Bahkan juga bisa hilang dengan sendirinya.

Nah, sebelum anda beranjak pada beberapa tips yang sudah kami sediakan. Akan lebih baik jika memperhatikan terlebih dahulu beberapa hal berikut.

Pasalnya bisa saja hal ini bisa menjadi pemicu menghilangnya aplikasi. Apa saja?

  • Anda sudah melakukan perubahan mode pada ponsel
  • Memory card (SD Card) sedang dalam keadaan dicabut atau terformat.
  • Ponsel atau memorinya sedang error.

Cara Mengatasi Aplikasi Android Yang Tiba-Tiba Hilang

Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi aplikasi yang menghilang dengan sendirinya tersebut. Beberapa diantaranya ialah :

1. Restart Smartphone

Cara ini mungkin terbilang paling mudah, pasalnya dengan merestart ponsel, bisa mengembalikan dan menonaktifkan beberapa aplikasi yang crash di latar belakang.

Maka dari itu, anda bisa mencoba untuk merestart hp. Yakni dengan mematikan ponsel, melepas baterai (jika perlu), copot pula sd card dan sim card.

Diamkan terlebih dahulu beberapa saat, kemudian semua perangkat yang dilepas dari dipasang kembali.  Baru selanjutnya anda nyalakan ulang ponsel.

2. Reset Ponsel

Ketika aplikasi yang hilang merupakan bawaan pabrik, maka sangat sulit juga untuk mengembalikan secara manual.

Maka dari itu, anda bisa melakukan reset ponsel dengan kembali pada pengaturan pabrik. Mungkin langkah ini akan menghilangkan beberapa data aplikasi.

Akan tetapi, langkah ini bisa menjadi alternatif ketika sudah sangat terpaksa atau memang terdesak dengan keadaan.

3. Flash Ulang

Cara ini tentu tidak bisa dilakukan secara personal. Pasalnya memerlukan pengalaman serta peralatan khusus untuk bisa menerapkan.

Pada dasarnya langkah aplikasi yang hilang bisa diatas dengan cara kembali pada pengaturan pabrik. Namun ketika sudah pada tingkat yang parah, maka anda perlu melakukan flash pada ponsel.

Coba bawa hp pada konter, atau berkonsultasi dengan teman anda yang lebih paham dengan pemecahan masalah tersebut.

Demikianlah sedikit ulasan yang bisa kami rangkum terkait Cara Mengatasi Aplikasi Android Yang Tiba-Tiba Hilang. Semoga bisa membantu.

Bagikan Yuk..!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here