Cara Membuka Situs Yang Diblokir Tanpa Aplikasi

Cara Membuka Situs Yang Diblokir Tanpa Aplikasi
Membuka Blokir Internet

Membahas tentang Cara Membuka Situs Yang Diblokir Tanpa Aplikasi, tentu menjadi suatu alasan yang patut di telusuri. Pasalnya untuk jaman seperti sekarang ini, terlalu banyak situs yang sudah diblokir oleh pihak pemerintah, bahkan termasuk juga beberapa website yang cukup dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari.

Adanya pemblokiran situs oleh pihak pemerintah, tepatnya melalui pihak kominfo, karena dinilai ada indikasi berbahaya. Baik itu mengandung konten dewasa, obat terlarang, atau hal lain yang dilarang oleh pihak pemerintah.

Nah untuk menyikapi hal tersebut, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Uniknya, tips berikut tidak perlu menggunakan aplikasi (android), ataupun sofware tambahan pada Notebook PC. Seperti apa dan bagaimana? Simak artikel ini secara lengkap.

Cara Membuka Situs Yang Diblokir Untuk PC dan Android

Pada dasarnya, membuka blokir situs yang diblokir bisa dilakukan dengan bantuan Virtual Private Network (VPN). Akan tetapi penerapan menggunakan langkah yang berbeda, sehingga tidak menimbulkan indikasi atau anggapan yang bisa merugikan.

Dipetik dari pengalaman para pengguna, belakangan semakin banyak yang menghindari penggunaan aplikasi VPN. Baik itu pada komputer ataupun smartphone. Pasalnya, dianggap mempunyai kelemahan dari segi kebocoran data ataupun serangan malware.

Akan tetapi, hal tersebut masih bisa diakali dengan memanfaatkan proxy online sehingga tidak perlu melakukan penginstalan aplikasi pada perangkat yang digunakan.

Yang menjadikan tips ini menarik, penggunaan proxy bisa diterapkan pada semua browser. Seperti halnya chrome dan safari pada android, ataupun mozilla firefox pada pc. Berikut langkah-langkah selengkapnya.

Cara Membuka Situs Diblokir Pada PC atau Laptop

Untuk bisa membuka blokir pada situs di pc, ada dua cara alternatif yang bisa diterapkan. Cara pertama ialah dengan memanfaatkan bantuan proxy online, dan yang kedua ialah memanfaatkan add-ons (ekstensi) pada mozilla dan Chrome.

1. Membuka Blokir Situs dengan WebProxy

  • Langkah pertama ialah membuka browser (Mozilla Firefox atau Chrome), selanjutnya akses (https://www.proxysite.com/id/). Cek gambar dibawah ini tampilan antar muka (halaman awal situs)

    Cara Membuka Situs Yang Diblokir Untuk PC
    Cara Membuka Situs Yang Diblokir Untuk PC dengan WebProxy
  • Pada bar yang disediakan, masukkan url yang akan dibuka. Untuk server biarkan apa adanya saja. Klik GO atau Mulai untuk melanjutkan.
  • Untuk pindah pada situs lain, cukup memanfaatkan addres bar pada bagian atas tampilan.
Cara Membuka Situs Yang Diblokir Untuk PC
addresbar webproxy

2. Membuka Situs Diblokir Menggunakan Add-ons

Pada tips ini penerapan lebih pada penggunaan browser firefox. Sebab selain lebih mudah, tentu add-ons yang disediakan terbilang lebih lengkap dan umum. Tata cara yang bisa aplikasikan diantaranya :

  • Buka brower firefox dan pilih Tools pada menu bar > Add-ons, untuk cara pintasnya bisa Ctrl+Shift+A

    Buka Blokir Situs Dengan Anonymox
    Buka Blokir Situs Dengan Anonymox
  • Dari hasil pencarian, langsung pilih anonymoX by GmbH dan Add to Firefox, tunggu hingga proses selesai dan muncul tampilan Add dan Setujui.

    Add Anonymox to Firefox
    Add Anonymox to Firefox
  • Jika langkah yang dijalankan sudah benar, maka nanti akan dialihkan pada situs anonymox.net, sebagai tanda bahwa add-ons sudah terpasang. Pada tahap ini, firefox sudah bisa digunakan untuk mengakses situs yang diblokir.

    Anonymox sudah aktif
    Anonymox sudah aktif

Meski terbilang mudah dan bisa diterapkan oleh siapa saja, namun beberapa tips diatas juga mempunyai kelebihan dan kekurangan.

Dari sisi kelebihan, tentu para peselancar internet tidak memerlukan aplikasi tambahan. Baik itu untuk ponsel ataupun pc. Sebab hanya melakukan beberapa langkah mudah.

Sedangkan dari sisi kelemahan, situs yang diakses tidak bisa diterapkan pada beberapa tab (multi tab), khususnya bagi yang menggunakan websiteproxy. Akan tetapi bisa dilakukan pada firefox dengan add-ons. Namun sangat sayangkan, kecepatan tampilan tidak maksimal seperti halnya membuka website tanpa bantuan tips tersebut.

Ringkasan :

Tips diatas hanya sebagian dari yang paling umum saja, namun masih banyak lagi trik-triks lain yang tentunya bisa menjadi alternatif.

Bagikan Yuk..!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here