Tata Cara Memberbaiki Hardisk Bad Sector Paling Mudah

Tata Cara Memberbaiki Hardisk Bad Sector Paling Mudah

Pada dasarnya, langkah dari penerapan Cara Memberbaiki Hardisk Bad Sector sangat mudah. Akan tetapi, hal tersebut bukan hanya terkait dengan cara mengatasi saja. Justru akan lebih baik jika paham juga dengan penyebab dan pencegahnnya.

Dengan mengalami masalah terkait hardisk bad sector, mungkin membuat khawatir bagi sebagian orang. Hal tersebut tidak perlu dilebih-lebihkan, sebab bad sector merupakan sebagian terkecil pada ruang penyimpanan hardisk yang rusak. Dengan demikian, sector yang dimaksud tidak memberikan respon untuk membaca / menulis dari pengguna.

Kenapa terjadi bad sector? masalah ini bisa muncul pada hardisk magnet ataupun SSD. Dari sisi kerusakan, tedapat dua tipe bad sector. Yakni rusak karena fisik (tidak bisa diperbaiki) dan juga lantaran software (bisa diperbaiki).

Tata Cara Memberbaiki Hardisk Bad Sector Paling Mudah

Sebelum merujuk pada langkah perbaikan, ketahui terlebih dahulu tipe dari hardisk bad sector. Secara umum masalah tersebut terbagi pada dua tipe, yakni physical dan logikal atau hard dan soft.

  • Physical (Hard) Bad Sector : terjadi kerusakan pada penyimpanan hardisk secara fisik. Dalam hal ini bisa saja hardisk terbentur, terjatuh, atau hal lain yang mengakibatkan kerusakan secara fisik. Masalah ini sudah tidak bisa diperbaiki lantaran komponen sudah rusak.
  • Logical (Soft) Bad Sector : Sebagian storage hardisk tidak bekerja secara optimal karena gangguan software. Namun masalah ini masih bisa diatasi dengan mudah.

Nah untuk memperbaiki hardisk bad sector, Windows sudah menyediakan tools yang bisa mengecek hardisk. Tools ini bisa dipakai untuk memeriksa dan secara otomatis akan memperbaiki area penyimpanan dalam hardisk yang membandel.

Pada dasarnya tools ini sudah berjalan secara otomatis, namun bisa juga dilakukan secara manual. Jika masih penasaran, berikut langkah-langkah yang bisa pengguna lakukan.

  1. Buka Windows Explorer pada pc / laptop masing-masing, dilanjutkan dengan klik kanan pada drive yang ingin diperiksa dan diperbaiki.
  2. Tahap selanjutnya, pilih tap Tools dan pilih Check.
  3. Klik Start untuk memulai pemeriksaan hardisk
  4. Tunggu hingga selsai dan proses akan berjalan otomatis.

Terlepas dari langkah penyelesaian diatas, dibawah admin juga melampirkan beberapa informasi terkait dengan penyebab munculnya bad sector pada hardisk. Sehingga demikian, pengguna bisa melakukan pencegahan.

  • Penyebab Physical (Hard) Bad Sector : Hardisk terlalu panas (overheat), sudah mulai aus, terjatuh, terbentur, tergoncang, hardware pendukung yang sudah mulai tua sehingga berpengaruh pada kinerja hardisk, listrik yang tidak stabil, ruangan berdebu, komputer terkena virus (malware), atau hardisk SSD drop.
  • Penyebab Logical (Soft) Bad Sector : komputer tidak dimatikan (shutdown) dengan benar, komputer sering dimatikan paksa (mati tiba-tiba), mati lampu, dan juga adanya virus pada hardisk.

Untuk melakukan pencegahan, juga terbagi dengan dua tipe masalah hardisk. Sehingga langkah yang diterapkan bisa lebih tepat sasaran.

1. Pencegahan Hard Bad Sector

  • Pastikan bahwa ruangan untuk menempatkan komputer selalu bersih (tidak berdebu)
  • Usahakan komputer mempunyai sistem pendingin yang lebih baik. Seperti halnya fan (kipas) yang bekerja normal, serta ruangan yang tidak terlalu panas.
  • Jangan pernah mencoba untuk memindahkan komputer dalam keadaan menyala.
  • Pastikan dengan benar semua kabel hardware pada pc tertata dengan rapi.
  • Gunakan UPS (baterai) sehingga komputer tidak mati tiba-tiba.

2. Pencegahan Soft Bad Sector

  • Usahakan komputer menginstall antivirus terbaru, untuk mencegah adanya virus masuk pada komputer. Jangan lupa untuk melakukan scan secara rutin.
  • Lakukan defrag hardisk menggunakan defragmenter tool pada Windows. Tepatnya ketika fragmentasi hardisk sudah berada diatas 10%.

Sebagai penutup, langkah yang paling tepat ialah melakukan pencegahan. Sehingga masalah terkait hardisk bad sector bisa dihindari.

Bagikan Yuk..!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here