Cara Melacak HP Android Yang Hilang Dalam Keadaan Mati

Cara Melacak HP Android Yang Hilang Dalam Keadaan Mati

Tips dari Cara Melacak HP Android Yang Hilang Dalam Keadaan Mati ini pada dasarnya terbilang sangat sederhana. Sehingga bisa dilakukan oleh siapa saja pengguna android yang mempunyai masalah tersebut.

Seperti yang kita ketahui, perkembangan teknologi untuk saat ini memberikan kemudahan bagi pengguna, khususnya dalam memenuhi berbagai kebutuhan.

Salah satunya ialah untuk melakukan antisipasi ketika ponsel yang kita punya hilang, dan pengguna yang dimaksud ingin mencari lokasinya.

Dalam hal ini, pengguna bisa memanfaatkan akun Gmail unutk bisa mencari ponsel yang hilang tersebut. Sehingga nantinya akan tersambung pula dengan Google Maps.

Cara ini bisa digunakan untuk beberapa merk ponsel terbaru saat ini. Khususnya ponsel dengan OS android yang mendukung pengelolaan akun secara maksimal oleh Google.

Cara Melacak HP Android Yang Hilang Dalam Keadaan Mati

Nah yang menjadi pertanyaannya adalah : Bagaimana cara mencari posisi ponsel android yang hilang dalam keadaan mati? Caranya sangatlah mudah jika anda mengikuti langkah sederhana dibawah ini.

1. Buka Fitur Temukan Perangkat Saya

Fitur ini memang disediakan khusus oleh Google untuk menemukan lokasi dari ponsel anda yang hilang. Untuk memanfaatkannya, anda bisa mengunjungi link berikut :

Dua link diatas akan tertuju pada halaman yang sama, jadi anda cukup pilih salah satu saja. Uniknya, untuk mangakses bisa menggunakan laptop, tablet, atau smartphone lain.

2. Login Pada Akun Gmail

Perlu diingat, dalam hal ini anda harus login dengan akun gmail yang digunakan pada ponsel yang hilang.

Sebab akan percuma jika anda menggunakan email lain, dan tidak bisa melakukan pelacakan seperti halnya yang sudah direncanakan.

Intinya, sebelum anda menggunakan fitur ” Temukan Perangkat Saya” di Google, anda sudah mempunyai gmail yang tersambung dengan perangkat.

3. Setujui Penggunaan Fitur

Untuk bisa beranjak pada tips selanjutnya, anda cukup pilih “Accept” atau menerima penggunaan bahasa sesuai yang digunakan pada hp.

Pada halaman ini, pengguna juga akan disajikan dengan beberapa pilihan menu (fitur). Seperti halnya putar suara untuk membuat ponsel berdering, kunci hp supaya tidak ada orang yang membuka.

Dan juga ada perintah untuk menghapus semua konten yang ada pada ponsel. Hal ini untuk berjaga-jaga jika file pada ponsel dianggap penting.

4. Pilih Menu Maps

Untuk melihat keberadaan ponsel, maka bisa dengan klik Icon GPS yang terdapat pada bagian pojok kanan pop-up.

Jika ternyata GPS pada hp android yang hilang sedang tidak dalam keadaan aktif, maka langkah pencarian lokasi ini tidak berlaku.

Maka sebagai tipsnya, usahakan selalu mengaktifkan GPS pada ponsel untuk berjaga-jaga.

Dan untuk mengakalinya, anda bisa me-reset hp dengan menekan tombol Erase. Sehingga ponsel akan masuk pada pengaturan pabrik.

Selanjutnya akan menyetel GPS untuk kembali menyala. Dan dalam hal ini, anda bisa langsung mengetahui dimana lokasi ponsel tersebut berada.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum anda bisa menggunakan fitur diatas. Tepatnya untuk menggunakan aplikasi “Temukan Perangkat Saya”, maka langkah sebelumnya ialah :

  1. Perangkat harus dalam keadaan menyala (dinyalakan)
  2. Login pada akun Google yang digunakan pada perangkat yang hilang.
  3. Terhubung dengan jaringan internet (baik itu menggunakan Wifi ataupun Data/Kuota).
  4. Bisa terlihat di Google Play
  5. Lokasi (GPS) sedang dalam keadaan aktif.
  6. Mengaktifkan fitur Temukan Perangkat Saya.

Jika semua hal tersebut sudah anda lakukan, maka tentunya tidak perlu khawatir meski ponsel anda hilang.

Sebab nantinya bisa ditemukan dengan mudah, meski tanpa bantuan aplikasi pihak ketiga yang sistem keamanannya belum terjamin.

Bagikan Yuk..!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here