Cara Instal Windows 10 Dengan Flashdisk Di Laptop Asus

Cara Instal Windows 10 Dengan Flashdisk Di Laptop Asus

Untuk Cara Instal Windows 10 Dengan Flashdisk Di Laptop Asus ini, sebenarnya juga bisa diterapkan pada segala merek laptop. Namun tentunya sudah support dengan OS Windows terbaru tersebut.

Pada dasarnya, bagi laptop keluaran terbaru khususnya yang sudah terinstall Windows 10 bawaan pabrik. Bisa dilakukan reset yang akan mengembalikan semua setting seperti semula.

Sama halnya dengan ponsel android yang menjalankan reset data pabrik, laptop dengan Windows 10 ini juga mempunyai kinerja yang sama.

Namun bagaimana jika fitur reset tersebut tidak bisa digunakan dalam mengatasi permasalahan software. Khususnya yang terjadi pada laptop ASUS. Maka cara sederhana yang bisa dilakukan ialah dengan menginstall ulang.

Sama halnya dengan yang pernah kami bahas sebelumnya, yakni Cara Install Windows 10 Dengan Flashdisk, tutorial tersebut bisa berlaku pada tips yang akan kami bagikan ini.

Cara Instal Windows 10 Dengan Flashdisk Di Laptop Asus

Menoleh kebelakang, dengan sistem cloud dan dimaksimalkan seperti halnya perangkat smartphone. Sekarang fitur Windows sudh serba online.

Salah satunya fitur reset Windows 10 yang memang tampak sederhana, dan yang terpenting sangat mudah untuk diterapkan. Namun fitur tersebut juga mempunyai keterbatasan, apalagi laptop dalam keadaan tidak mau booting.

Nah, memilih install ulang menjadi opsi dari fitur reset tersebut sudah tidak bisa diakses. Sehingga masalah yang sedang dialami bisa diatasi dengan mudah.

Terbilang berbeda dengan reset yang dilakukan secara umum, install ulang membuat salinan Windows 10 menjadi lebih baru. Namun dalam hal ini butuh file ISO yang diunduh langsung dari website microsoft.

Terlepas dari itu, fitur reset juga tidak membutuhkan alat bantu, sepeti halnya USB, DVD atau alat lain yang umum digunakan untuk re-install windows di perangkat.

Tata Cara Install Ulang Windows 10 Di Laptop Asus ialah :

  1. Bagi anda yang belum paham, alangkah baiknya jika melihat lebih dulu (Cara Install Windows 10). Pasalnya disana tersedia juga tata cara pembuatan Bootable Windows dengan Flashdisk.
  2. Jika sudah tersedia flashdisk yang bootable, maka pasang USB tersebut dan masuk pada setting BIOS. Secara umum, tekan F2 pada laptop ketika sedang dinyalakan.
  3. Pada pengaturan BIOS, selanjutnya masuk pada bagian Security (gunakan anak panah untuk mengontrol).
  4. Di Security, masuk dan ubah Secure Boot Control, pilih Disable untuk melanjutkan.Cara Instal Windows 10 Dengan Flashdisk Di Laptop Asus
  5. Geser (masuk) pada bagian Boot, dan disable opsi Fast Boot. Ganti pula enable opsi Launch CSM.
  6. Ubah Boot Option #1 pada bagian Boot Option Priorities menjadi USB Storage Device (removable disk). Kondisi ini USB Bootable sudah terpasang (tertancap pada laptop).
  7. Untuk mengakhiri dan menyimpan, tekan F10 dan ESC untuk keluar dari pengatuan BIOS.
  8. Pada tahap ini, laptop akan secara otomatis masuk pada menu Instalasi Windows 10.

Tambahan : Jika anda menggunakan bootable CD atau DVD, umumnya akan keluar keterangan “Press Any Key to Boot From..”. Dan ketika menggunakan USB Flashdisk juga muncul, maka tekan saja sembarang tombol pada keyboard.

Setelah melakukan beberapa langkah diatas, tentu tinggal Next selayaknya melakukan instalasi Windows secara umum.

Pada proses instalasi, jangan khawatir jika laptop Asus berulang kali melakukan restart otomatis. Yang perlu anda lakukan hanya menunggu semua proses tersebut selesai.

Penting diperhatikan, jika keluar “Press Any Key to boot from..” ketika restart, anda biarkan saja. Sebab hal tersebut akan mengulang proses intalasi dari awal.

Mungkin hanya itu saja yang bisa kami sampaikan. Semoga bisa membantu dan berguna bagi anda yang membutuhkan.

Bagikan Yuk..!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here