Begini Cara Download Di Google Drive Lewat PC Dan Android

Cara Download Di Google Drive

Membahas tentang Cara Download Di Google Drive, ada beberapa alternatif yang bisa digunakan. Bahkan bisa dilakukan melalui pc/laptop, ataup melalui ponsel android. Bagaimana langkah-langkahnya? simak artikel ini hingga tuntas.

Pada dasarnya, mengunduh file dari Google Drive sering mengalami kendala. Apalagi file tersebut mempunyai ukuran besar, sehingga terkadang muncul keterangan tidak dapat memindai virus, limit dan sejenisnya.

Dalam hal ini, selain mempunyai kecepatan yang stabil, Google Drive juga termasuk penyimpanan kuota besar yang menjadi favorit untuk mendownload file.

Begini Cara Download Di Google Drive Lewat PC Dan Android

Menurut yang admin rangkum, ada tiga cara yang bisa diterapkan untuk mengunduh file dari Google Drive. Beberapa diantaranya ialah melalui PC langsung, bantuan IDM, dan juga menggunakan smartphone android.

1. Cara Download Di Google Drive Lewat PC

Cara ini tentunya tidak memerlukan bantuan aplikasi/software pihak ketiga. Yang perlu digunakan hanyalah browser yang terinstall pada laptop ataupun komputer. seperti halnya Mozilla Firefox atau Google Chrome.

  • Pertama, netter arus tahu dulu link file yang nantinya ingin di download. Caranya dengan membuka lewat peramban pada pc.
  • Jika sudah terbuka seperti gambar dibawah ini, maka selanjutnya bisa mengunduh file dengan cara mengklik icon download pada bagian pojok kanan atas.
  • Baru selanjutnya akan muncul menu pop-up untuk menyimpan file.
  • Pilih penyimpanan dan download.

2. Cara Download Di Google Drive Menggunakan IDM

Seperti yang diketahui, IDM merupakan jenis software pihak ketiga yang sangat umum digunakan untuk memaksimalkan kecepatan download. Namun bisa juga memanfaatkan aplikasi lain dengan fungsi serupa.

Penggunaan IDM menjadi salah satu solusi lantaran beberapa fitur didalamnya. Termasuk juga melakukan jeda download sebelum dilanjutkan kembali. Akan tetapi, jeda ini hanya bersifat sementara.

Fitur ini tentu bisa membatu ketika sambungan internet terputus, sehingga tidak perlu download ulang dengan hanya klik lanjutkan.

  • Pertama buka lebih dulu link file yang akan diunduh menggunakan browser. (pada tahap ini, proses download akan diambil alih secara otomatis oleh IDM). Namun hal tersebut bisa juga dilakukan manual.
  • Jika proses download pada browser sudah jalan, maka langsung saja batalkan. Dan klik kanan pada file denganopsi untuk menyalin tautan unduhan.
  • Buka aplikasi IDM, dan pilih opsi add URL, paste tautan yang sudah disalin tadi untuk melanjutkan pada proses download. Klik OK untuk memulai proses unduh.
  • Tunggu hingga muncul menu pop-up download file info, tepatnya hingga ukuran file tampil. Jika sudah, maka cukup tekan Start Download.
  • Pada tahap ini, pengguna hanya perlu menunggu proses download selesai,
  • Sebelum mengunduh, akan lebih baik jika log out dari akun Google.

3. Cara Download File Di Google Drive Lewat HP Android

Tidak sedikit dari pengguna android yang merasa bingung untuk melakukan pengunduhan file dari Google drive. Pasalnya mereka berasalan tidak tahu lokasi tombol download. Untuk mengatasi hal tersebut, maka disini admin akan menjelaskannya.

Tips ini bisa dilakukan menggunakan semua browser di android. Baik itu Safari (bawaan ponsel), Chrome, US Browser, ataupun firefox mobile. Untuk lebih singkatnya silahkan simak langkah berikut :

  • Jika browser menyimpan sandi dan menjadikan pengguna dalam keadaan login, maka tampilan yang diperoleh pada gambar dibawah. Untuk mengunduh, cukup tekan titik tiga pada pojok kanan atas halaman. Selanjutkan akan muncul opsi Download.
  • Jika sudah ditekan (klik), maka seharusnya proses download sudah berjalan.
  • Namun ketika pengguna tidak dalam keadaan login, maka tampilan yang akan diperoleh akan berbeda.
  • Untuk mengunduh file, cukup tekan ikon anak panah kebawah pada bagian atas halaman.
  • Selanjutnya tunggu hingga proses unduh selesai.

Mengambil kesimpulan, pada dasarnya proses unduh ini sama saja. Akan tetapi masih saja ada orang yang kebingungan.

Bagikan Yuk..!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here