Apa Cek Nomor Induk Kependudukan Online Masih Berlaku?

Apa Cek Nomor Induk Kependudukan Online Masih Berlaku?
Ilustrasi e-KTP

Apa Cek Nomor Induk Kependudukan Online Masih Berlaku? Pertanyaan tersebut mungkin sudah umum dan bisa membuat penasaran siapa saja. Oleh karena itu, admin berusaha untuk mengumpulkan informasi. Sehingga pertanyaan yang masih mengambang bisa terjawab dengan sempurna.

Seperti yang diketahui, Kartu Tanda Penduduk (KTP) merupakan kartu identitas resmi dan wajib dimiliki oleh semua warga Indonesia yang sudah berusia 17 tahun. Jika masih belum memiliki, maka sudah sepatutnya untuk mengurus pada perangkat pemerintahan terdekat.

Dalam hal ini, pada dasarnya E-KTP atau KTP Elektronik, memang sudah dicanangkan pemerintah sejak tahun 2009. Tujuan pembuatan KTP Elektronik ialah untuk menjadikan data penduduk lebih teritegrasi serta memnimalisir adanya kemungkinan KTP ganda.

Pasalnya dari beberapa kasus, ada penyalagunaan KTP untuk bisa menghindari pajak, menyembunyikan identitas diri bagi para penjahat, khususnya bagi orang yang masuk Daftar Pencarian Orang (DPO), serta hal-lain yang sifatnya identik dengan hal negatif.

Dan pengaturan terkait dengan KTP beserta data kependudukan, pada dasarnya telah diatur pada Undang-undang Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2013. Pada peraturan tersebut, setiap penduduk hanya boleh memiliki 1 kartu identitas (KTP), dengan 1 Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang berlaku seumur hidup.

Apa Cek Nomor Induk Kependudukan Online Masih Berlaku?

Sebelumnya ada beberapa hal yang juga perlu diperhatikan untuk bisa melakukan pengecekan NIK secara online. Hal tersebut memang terbilang sederhana, akan tetapi membutuhkan langkah sesuai dengan yang dianjurkan.

1. Ketahui Terlebih Dahulu Arti Dari NIK pada KTP

NIK atau Nomor Induk Kependudukan tercantum pada setiap Dokumen Kependudukan serta dijadikan sebagai dasar penerbitan KTP, Paspor, SIM, dan juga Kartu Keluarga.

Dalam hal ini, NIK mempunyai kombinasi angka (16 digit) yang juga berbeda pada setiap pemegang kartu. Bahkan susunan 16 digit tersebut juga mempunyai arti tersendiri.

  • 2 digit angka awal merupakan kode dari provinsi
  • 2 digit selanjutnya termasuk pada kode kota/kabupaten
  • 2 digit setelahnya kode dari kecamatan
  • 2 digit berikutnya merupakan tanggal lahir dengan format hari-bulan-tahun (contoh :22-02-90). Umumnya untuk wanita tanggal lahir ditambah dengan 40 (+40)
  • 4 digit terakhir berisi dengan nomor urut pendaftaran dengan orang yang mempunyai tanggal kelahiran sama pada 1 wilayah. (contoh : 0002, 0003, dst.)

2. Melakukan Pengecekan KTP Elektronik Melalui Website Pemerintah Daerah

Sebelumnya, cara cek NIK bisa dilakukan melalui website pemerintah daerah ataupun nasional. Tepatnya terkait dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) pada tingkat kota/kabupaten atau dukcapil tingkat nasional.

Sebagai contoh, jika pemegang kartu KTP berdomisili di daerah Surabaya, maka bisa cek E-KTP online bisa dengan membuka website Dukcapil wilayah Surabaya. (dispendukcapil.surabaya.go.id), atau manfaatkan pencarian Google untuk mencari wilayah masing-masing “dukcapil vvv” (vvv diganti dengan wilayah pemegang kartu)

Jika masih belaku, maka pada halaman awal website tersaji cara mengecek NIK online dengan memasukkan 16 digit angka pada KTP.

3. Mengecek NIK KTP Dengan Mesin Card Reader e-KTP

Cara ini merupakan alternatif , yakni mengecek NIK dengan menggunakan card readre khusus e-KTP. Mesin mempunyai fungsi untuk membaca chip yang ada pada KTP secara cepat.

Akan tetapi, apabila mempunyai keinginan untuk mengecak dengan cara ini, pemegang kartu harus datang pada kantor Dinas Kependudukan (kantor Catatan Sipil).

Tambahan :
Untuk saat ini, pengecekan NIK Online sudah tidak bisa digunakan. Pasalnya pemerintah menilai bahwa cara tersebut bisa disalahgunakan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Sebagai penutup, intinya pengecekan NIK akan lebih baik jika berkunjung langsung pada kantor Dukcapil terdekat. Dengan demikian, pemegang kartu akan memperoleh informasi yang memang benae dan lebih lengkap.

Bagikan Yuk..!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here