Mulai 1 Maret 2020, Google Bukan Lagi Mesin Pencari Utama Di Android

Mulai 1 Maret 2020, Google Bukan Lagi Mesin Pencari Utama Di Android
Logo Android / Foto : Kaspersky

Oranyenews.com, Jakarta – Terhitung sejak 1 maret 2020, Google tidak lagi menjadi mesin pencari (Search Engine) utama di ponsel terbaru android.

Pasalnya, Google harus menyediakan alternatif search engine lain yang dipasang pada saat pertama kali ponsel diaktifkan.

Perubahan tersebut berlaku di wilayah Uni Eropa pasca pengadilan memutuskan Google melakukan aksi anti persaingan dalam search engine di perangkat android pada Juli 2018.

Hal tersebut juga terkait dengan masalah UE menghukum Google dengan denda sebesar US$5 miliar.

Berdasar dengan keputusan pengadilan tersebut, Google harus menyediakan setidaknya empat alternatif search engine di ponsel android.

Bahkan Google pun juga sudah merilis daftar search engine pilihan pengguna selain Google di 31 negara Uni Eropa.

Dan pada kenyataannya, pengguna menjatuhkan pilihan pada search engine DuckDuckGo, Info.com, PrivacyWall, Qwant, dan Yandex, seperti yang sudah dikutip dari blog Android.com, Senin (13/1/2020).

Sedangkan menurut yang dikutip dari Business Insider, DuckDuckGo merupakan search engine dengan tagline “Privacy, Simplified”.

Search engine tersebut menghindari hasil pencarian yang sudah dipersonalisasi serta tidak memprofilkan pengguna, tepatnya untuk memberikan perlindungan privacy bagi pengguna.

Seperti yang diketahui, DuckDuckGo populer di antara pengguna yang mendukung privacy. Hal tersebut juga sudah dilaporkan oleh NetmarketShare.

Pada pelaporannya, NetmarketShare menyebut jika pangsa pasar mesin pencari tersebut masih 0,31 persen, tercatat sangat jauh jika dibanding dengan Google yang mencapai 82,5 persen.

Diungkap oleh pendiri dan CEO Twiter, Jack Dorsey melalui cuitannya di Twitter pribadinya, di bulan November lalu.

Menyatakan bahwa DuckDuckGo merupakan mesin pencari bawaan pilihan di ponselnya. Dengan kata lain, ia sendiri menggunakan mesin pencari tersebut.

Mengenai adanya rencana mesin pencari alternatif tersebut, tidak sedikit pengguna ponsel yang merasa penasaran dengan pilihan yang dibenamkan.

Pasalnya, pihak Google pun belum memastikan alternatif mesin pencari yang mana untuk bisa bersaing dengannya di ponsel Android.

Dan hingga saat ini, Google masih menjadi primadona bagi para pengguna internet. Dengan tampilan yang minimalis, serta hasil yang lebih tertarget, Google masih mesin pencari terbaik.

Bagikan Yuk..!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here