Cara Main Game PS1 di Android dengan Mudah

0
586
ilustrasi main game (foto: Ist)

ADA TIPS menarik nih tentang cara main game PS1 di Android bagi kamu yang kangen sama game-game masa lalu. PS1 memang kadang membuat kangen banyak orang karena memiliki konsep dan keseruan yang berbeda dengan game sekarang ini. Beberapa game seperti Shaolin Soccer, CTR, FishingBash, sampai game yang lainnya memang layak untuk dimainkan kembali.

Lalu bagaimana jika tidak punya perangkat PS1 lagi apalagi kasetnya? Tenang saja karena smartphone sekarang ini sangat mumpuni untuk memainkan game tersebut walau tanpa perangkatnya sama sekali. Di bawah ini ada beberapa tutorial singkat tentang bagaimana instal dan memainkannya di smartphoneAndroid kamu.

ilustrasi main game (foto: Ist)

Cara Main Game PS1 di Android Dengan EPSXE

Aplikasi yang mendukung untuk permainan PS1 adalah EPSXE yang bisa kamu download dari playstore atau dari sumber lain. Aplikasi ini dapat memainkan banyak game PS1 yang kamu sukai karena hanya butuh file .iso dari game tersebut. Sebenarnya ada banyak aplikasi lain yang juga mendukung game tersebut namun terkadang banyak iklan atau konsol yang tidak nyaman untuk digunakan bermain. Langsung intip saja bagaimana cara instal dan memainkannya!

Ilustrasi main game (foto: Ist)

Langkah-Langkah Main game PS1

  1. DownloadEPSXEapk di playstore atau sumber lain, biasanya disertakan juga file BIOS untuk memainkan game PS1. Instal aplikasi tersebut kemudian bisa lanjut pada langkah selanjutnya.
  2. Pindahkan file BIOS tersebut ke folder internal/epsxe/bios/ lalu bisa paste ke dalam folder tersebut. Jika tidak menggunakan file tersebut maka game tidak akan bisa dibuka oleh aplikasi EPSXE.
  3. Setelah itu buka aplikasi yang sudah terinstal EPSXE lalu pilih “jalankan BIOS” atau “run BIOS” dan tunggu sampai konfigurasinya selesai.
  4. Sampai pada langkah ini memang sudah selesai, maka langkah selanjutnya hanya perlu memainkan game yang kamu sukai
  5. Downloadgame yang kamu sukai, biasanya berbentuzip atau rar, kemudian ekstrak ke dalam kartuSD.
  6. Setelah itu bisa langsung membuka aplikasi EPSXE lagi dan pilih “jalankan permainan” atau “rungame”
  7. Biarkan sampai aplikasi tersebut melakukan pencarian game dalam kartuSD atau internal. Jika step sebelumnya berhasil maka akan tampak satu game dengan ikon khas dari game tersebut.
  8. Kamu tinggal klik dan melanjutkan untuk memainkan game tersebut.

Kelebihan menggunakan EPSXE ini selain untuk memainkan game dari PS1 juga dapat menyimpan misi dalam game seperti layaknya slotmemory PS1. Jika ingin menggunakan fitur tersebut tinggal klik Save pada game atau pada pilihan di EPSXE bisa memilih “Save on memory” nantinya hasil simpanan berupa image dari game terakhir yang dimainkan. Dengan begini kamu hanya perlu mencari game yang cocok untuk dimainkan bersama menggunakan smartphoneandroid.

ilustrasi main game (foto: Ist)

Selain fitur penyimpanan seperti slotmemory ternyata EPSXE juga bisa digunakan untuk memainkan game dengan banyak pemain sekaligus. Biasanya pada game PS1 menggunakan joystick untuk berbagi game dengan teman, namun menggunakan aplikasi ini juga mendukung banyak pemain. Caranya hanya perlu menghubungkan smartphone dengan hotspot yang sama lalu bisa memilih menu “Multi Pemain” pada menu utama EPSXE, sharegame yang ingin dimainkan kemudian bisa diproses pemain satunya. Itulah beberapa langkah dan cara main game PS1 di android dengan mudah. Kamu bisa berbagi informasi ini pada temanmu agar bisa memainkan game PS1 yang sama. Tentunya dengan banyak pemain akan membuat game tersebut semakin seru juga.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here