Tips Memilih Earphone Earbuds yang Paling Praktis untuk Kamu

Sebenarnya ada tiga macam penyuara kuping atau peranti dengar, yaitu in-ear (earphone), over-ear (headphone), dan on-ear (headphone). In-ear sendiri sering disebut juga earbud, dan terbagi dua, yaitu earbuds fitting dan in-ear-canal.

Earphone, headphone, earbud, headset. Mana yang biasa kamu sebut? Lalu, apa sih perbedaannya?

Nah, apa beda keempat peranti dengar ini? Over-ear merujuk kepada peranti dengar yang berukuran besar dengan ear-cups yang empuk. Karena bentuknya yang besar maka suara yang dihasilkan pun lebih baik. Over-ear disertai dengan microphone untuk berkomunikasi.

Sementara itu, on-ear terlihat mirip seperti over-ear, hanya ukurannya lebih kecil dan portable. Kamu bisa menggunakan on-ear sembari berolahraga. Namun, on-ear memiliki kekurangan terkait kualitas suara yang bocor sehingga orang lain bisa mendengar suara yang dikeluarkan.

Soal kualitas suara, in-ear tak kalah berkualitas dibandingkan over-ear. Malah sudah banyak in-ear yang mampu melahirkan suara lebih baik dari over-ear. Tak heran, popularitas in-ear semakin tinggi mengingat bentuknya pun kecil dan praktis.

Terlebih semakin banyak produsen yang meluncurkan in-ear atau earbud nirkabel yang langsung terhubung ke smartphone. Tipe ini cocok buat kamu yang aktif dan nggak mau ribet. Tapi, in-ear sendiri ada dua lho! Kamu bisa pilih in-ear-canals atau earbuds fitting. Mana yang lebih baik?

Secara umum, keduanya sama. Bedanya, in-ear-canals didesain untuk masuk ke dalam kanal telinga. Hal ini lebih praktis ketika kamu melakukan aktivitas gerak seperti olahraga. Sementara earbuds fitting tidak masuk ke dalam kanal telinga, tetapi hanya menempel, sehingga memungkinkan untuk terlepas ketika kamu bergerak.

Meski namanya berbeda, tetapi kebanyakan orang acap menyebut keduanya sebagai earbud. Dan seiring dengan perkembangan teknologi, earbud nirkabel semakin menemukan pasarnya. Termasuk bagi pecinta gamers.

Baru-baru ini Razer mengeluarkan earbud nirkabel, Razer Hammerhead True Wireless Earbuds. Dengan teknologi latency ultra-low hingga input 60ms, dan menggunakan transmisi Bluetooth 5.0, kamu akan lebih menikmati game karena audio yang disampaikan tidak tersendat.

Buat kamu penikmat game, selain Razer kamu bisa mempertimbangkan Xiaomi AirDots TWS Bluetooth 5.0 Earbuds. Yuk, cek dulu 5 earbud pilihan Priceprice di bawah ini. Jangan salah pilih ya!

Jabra Jabra Elite 65t True Wireless Earbuds Earphones Bluetooth 5.0

Dirancang dengan kualitas audio yang jernih dan aman untuk telinga. Didukung mobile aplikasi untuk melakukan pengaturan otomatis. Desainnya simpel, kecil, stylish. Daya tahan baterai berjam-jam.

Sony Sony WF-1000X Wireless Noise Canceling Stereo Headset

Sony Sony WF-1000X Wireless Noise Canceling Stereo Headset

Desain minimalis dengan suara yang jernih dan halus. Memiliki antena internal dan penopang fitting yang menjaga sinyal tetap kuat untuk streaming yang konstan.

Apple JOETXO T2C TWS True Wireless Bluetooth Earbuds

Apple JOETXO T2C TWS True Wireless Bluetooth

Earbud ini didesain untuk waterproof, anti keringat, dan anti debut. Baterai tahan lama untuk digunakan selama 2,5 jam mendengarkan musik dan berbicara selama tiga jam.

HP Mini Tws Wireless Bluetooth 5.0 Earphone

HP Mini Tws Wireless Bluetooth 5.0 Earphone

Kualitas suara yang jernih dan halus. Perangkat nirkabel ini didesain waterproof. Ketahanan baterai mencapai 60 jam untuk waktu siaga, atau tiga jam untuk mendengarkan musik.

Xiaomi AirDots TWS Bluetooth 5.0 Earbuds

Xiaomi AirDots TWS Bluetooth 5.0 Earbuds

Dilengkapi dengan Bluetooth 5.0 sehingga koneksi lebih cepat dan stabil, serta peredam suara gangguan. Cocok untuk penikmat musik dan gamers.

Bagikan Yuk..!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here