Review Spesifikasi Oppo A71, Smartphone Low End Kemampuan dewa

oppo a71
oppo A71

Spesifikasi Oppo A71 – Saat ini, rata-rata produsen smartphone banyak yang mengeluarkan produk baru dengan spesifikasi antara menengah sampai tinggi. Hal ini mungkin dikarenakan karena banyak masyarakat yang sudah lebih memilih smartphone dengan spesifikasi yang jauh lebih baik. Namun hal tersebut tampaknya tak berlaku bagi Oppo karena pihaknya baru saja merilis smartphone kelas menengah kebawah dengan nama Oppo A71.

Ponsel yang satu ini memiliki spesifikasi yang tak begitu tinggi, namun harganya berada di angka 2 jutaan. Berbekal layar yang hanya HD 720p serta memori internal 16 GB, ponsel ini siap meramaikan pasar gadget. Seperti apa spesifikasi dan fitur yang dibawa ponsel ini? Simak review Oppo A71 terbaru berikut ini.

Review Oppo A71

Review Oppo A71
Review Oppo A71

Ponsel ini datang dengan bentang layar mencapai 5.2 inci namun yang cukup disayangkan adalah resolusi yang dihasilkan hanya mencapai HD saja yakni 720 x 1280 piksel dengan kerapatan piksel 282 ppi. Tentu saja layar yang besar ini membuat gambar menjadi lebih besar, namun sayangnya kurang begitu tajam.

Untuk menutupi kekurangannya ini, Oppo memberikan tipe layar berupa IPS capacitive touchscreen sehingga gambar pada layar akan terlihat lebih jernih. Selain itu, ada juga fitur 2.5D Arc Screen pada layar ponsel ini sehingga tampak melengkung pada tepian layar.

Oppo A71

Sedangkan pada bagian dapur pacu, Oppo mempercayakan chipset ponsel ini kepada Mediatek MT6750T dengan prosesor octa-core 1.5 Ghz Cortex-A53. Tentunya penggunaan chipset dari Mediatek ini agar bisa menekan harga ponsel menjadi lebih murah.

Selain itu, kemampuan ponsel ini juga tak kalah baik jika dibanding dengan chipset besutan Qualcomm. Untuk membuat grafis 3D pada ponsel menjadi lebih realistis, Oppo membekalinya dengan GPU Mali-T860MP2.

Alhasil aktifitas gaming atau menonton film HD akan lebih menyenangkan karena gambar yang ditampilkan akan lebih detail. Meskipun dapur pacunya tak begitu gahar, Oppo mampu menghadirkan sistem operasi Android 7.1 Nougat pada ponselnya kali ini sehingga performa ponsel akan lebih baik. Sedangkan untuk mempercantik tampilan layar, Oppo A71 dibekali dengan tampilan antarmuka Color OS 3.1 khas Oppo.

Oppo A71

Dengan kapasitas RAM mencapai 3 GB, tentu aktifitas multitasking dengan menggunakan ponsel ini akan berjalan lebih lancar tanpa ada gangguan lag.

Oppo A71 tampaknya akan cukup sulit untuk menyaingi merek lain dikelasnya karena berbekal kamera belakang dengan resolusi 13 MP. Kamera belakangnya ini memiliki beberapa fitur standar seperti LED flash & phase detection autofocus.

Selain itu, ponsel ini juga terdapat kamera depan 5MP dengan fitur aperture f/2.4 yang mampu membuat kualitas foto selfie menjadi lebih baik. Sayangnya, rata-rata ponsel lain dengan harga diatas 2 juta sudah memiliki spek kamera yang lebih bagus dan memiliki fitur unik pada kameranya.

Oppo A71

Oppo A71 juga melengkapi dirinya dengan memori internal sebesar 16 GB untuk menyimpan berbagai file. Selain itu, ada juga tambahan slot microSD yang berada pada slot SIM2 untuk menambah kapasitas penyimpanan apabila dibutuhkan.

Baterai berjenis Li-Po dengan kapasitas 3000 mAh telah disiapkan untuk menyokong kebutuhan daya pada ponsel ini. Tentu baterai ini sudah sangat cukup untuk menopang kebutuhan daya pada ponsel.

Spesifikasi Oppo A71

GENERAL
Release date September 2017
Form factor Touchscreen
Dimensions (mm) 148.10 x 73.80 x 7.60
Weight (g) 137.00
Battery capacity (mAh) 3000
Removable battery No
Colours Gold, Black
SAR value NA
DISPLAY
Screen size (inches) 5.20
Touchscreen Yes
Resolution 720×1280 pixels
HARDWARE
Processor 1.5GHz octa-core
Processor make MediaTek MT6750
RAM 3GB
Internal storage 16GB
Expandable storage Yes
Expandable storage type microSD
Expandable storage up to (GB) 256
CAMERA
Rear camera 13-megapixel
Flash Yes
Front camera 5-megapixel
SOFTWARE
Operating System Android 7.1
Skin Color OS
CONNECTIVITY
Wi-Fi Yes
Wi-Fi standards supported 802.11 b/g/n
GPS Yes
Bluetooth Yes, v 4.00
NFC No
Infrared No
USB OTG Yes
Headphones 3.5mm
FM No
Number of SIMs 2
SIM 1
SIM Type Nano-SIM
GSM/CDMA GSM
3G Yes
4G/ LTE Yes
Supports 4G in India (Band 40) No
SIM 2
SIM Type Nano-SIM
GSM/CDMA GSM
3G Yes
4G/ LTE Yes
Supports 4G in India (Band 40) No
SENSORS
Compass/ Magnetometer Yes
Proximity sensor Yes
Accelerometer Yes
Ambient light sensor Yes
Gyroscope No
Barometer No
Temperature sensor No

Sayangnya baterai ini belum memiliki fitur fast charging sehingga waktu pengisian baterai akan lebih lama. Fitur lain dari ponsel ini juga masih standar karena belum memiliki fitur fingerprint, USB type-C, dan lainnya.

Dari review Oppo A71 tersebut, tentu kita bisa menyimpulkan bahwa ponsel ini masih memiliki banyak kekurangan. Harga Oppo A71 sendiri dibanderol cukup mahal yakni sekitar 2.6 jutaan.

Harga tersebut termasuk tinggi mengingat ponsel ini masih memiliki spek yang cukup biasa saja. Namun harga diatas bisa saja berubah karena pihak Oppo belum merilis ponsel ini ke pasar Indonesia.

Bagikan Yuk..!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here