Facebook Akuisisi Startup AI Ozlo Demi Messengernya

ozlo
Tampilan Aplikasi Ozlo

MENLO PARK – Daftar startup yang diakuisis Facebook kini kembali bertambah. Facebook telah mengakuisisi startup artificial inteligence (AI) yang disebut Ozlo untuk mengerjakan tantangan pemrosesan bahasa alami dan meningkatkan pengalaman aplikasi Messenger-nya.

Tugas tersebut dilakukan dengan memanfaatkan kecerdasan buatan atau AI dan kemampuan machine learning.

“1,2 miliar orang diseluruh dunia menggunakan Messenger untuk terhubung dengan orang-orang dan bisnis yang mereka geluti,” kata juru bicara Facebook dalam sebuah pernyataan kepada TechCruch.

“Kami senang menyambut tim Ozlo saat kami membangun pengalaman menarik didalam Messenger yang didukung oleh kecerdasan buatan dan machine learning,” imbuhnya.

Logo ozlo
Logo Ozlo

Sayangnya, perusahaan besutan Mark Zuckerberg itu tak mengungkapkan mahar yang digelontorkannya untuk akuisisi tersebut.

Dirilis pada tahun lalu, asisten virtual Ozlo memahami bahasa teks dan memberikan jawaban atas pertanyaan yang tidak dapat dijawab dengan kata sederhana seperti ‘Ya atau Tidak’. Perusahaan memulai dengan menyediakan daftar restoran dalam format percakapan dan akhirnya diperluas untuk menggunakan asisten AI lainnya dengan update cuaca, layanan bisnis lokal dan jadwal film, disertai penggunaan grafik pengetahuan yang mengandung lebih dari dua miliar entitas.

Mereka memanfaatkan API dari aplikasi seperti Yelp, DoorDash serta mulai menawarkan API perusahaan sendiri. Sayangnya, Ozlo harus menutup semua aplikasi, API dan layanan webnya untuk selamanya sebagai bagian dari akuisisi.

Dalam sebuah pernyataan dalam rangka mengumumkan akuisisi, perusahaan mengatakan “Dengan bergabung dengan tim yang memiliki nilai dan visi kami, kami dapat terus berupaya membangun pengalaman yang didukung oleh kecerdasan buatan dan machine learning.

Masih banyak lagi yang bisa kami lakukan untuk mewujudkannya ke depan dan kami senang membawa teknologi kami ke komunitas Messenger.”

Berkat akuisisi ini, Facebook akan menyerap teknisi ahli Ozlo dan mayoritas tim tersebut yang terdiri dari 29 karyawan. Namun, co-founder startup AI tersebut, Charles Jolley yang sebelumnya memimpin tim raksasa sosial untuk Android tak turut bergabung bersama perusahaannya.

Baca juga: 600 Juta Tahun Lagi Manusia Tidak Akan Melihat Gerhana Matahari Total

Meski masih belum jelas bagaimana Mark Zuckerberg berencana menggunakan teknologi Ozlo untuk Messenger. Tetapi, diyakini bahwa langkah tersebut juga dapat menandai peningkatan besar bagi Facebook M asisten. Asisten virtual itu hanya tersedia untuk beberapa pengguna pengujian namun belum mengutarakan janji produk AI tersebut untuk mengubah kehidupan.

Facebook juga telah mengakui bahwa banyak kemampuan ditangani oleh pelatih manusia dan bukan sistem AI yang sesungguhnya. Demikian seperti dilansir IB Times, Rabu (2/8/2017).

Bagikan Yuk..!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here