Tren Spesifikasi Smartphone Paling Diminati dalam 3 Tahun Terakhir

1
439
(foto; Priceza)

ORANYENEWS- Tidak dipungkiri lagi, industri smartphone di Indonesia merupakan pasar yang begitu menarik. Seperti dilansir dari International Data Corporation (IDC), distribusi pengiriman smartphone di Indonesia bahkan selalu mencapai angka lebih dari 7 juta unit hingga kuartal ketiga tahun 2017.

Sebagai perbandingan, total distribusi di seluruh kawasan Asia Tenggara untuk kategori negara berkembang (emerging market – Indonesia, Malaysia, Thailand, Vietnam, Myanmar, Filipina) diperkirakan sekitar 101 juta di tahun 2016. Dengan komparasi seperti itu, terlihat jelas porsi signifikan Indonesia di kawasan ini.

Apa sajakah tren spesifikasi smartphone yang menarik perhatian pasar Indonesia dalam 3 tahun terakhir? Berikut adalah beberapa temuan menarik yang dirangkum oleh Priceza.

Popularitas merek dan model smartphone di Indonesia (2015–2017)

Berdasarkan data internal Priceza dalam 3 tahun terakhir, Apple iPhone 5s merupakan smartphone yang paling populer di tahun 2015. Disusul oleh Asus ZenFone 2 dan Oppo F1 di posisi selanjutnya secara berturut-turut. Di tahun inilah untuk terakhir kalinya produk Apple berada di dalam daftar, sebelum tergeser oleh smartphone lain berbasis Android.

Memasuki tahun 2016, Samsung Galaxy J1 Mini menduduki peringkat pertama dalam hal seri smartphone yang paling banyak dicari. Lalu masih dari pabrikan yang sama, Samsung Galaxy J2 berada di posisi kedua. Kemudian lagi-lagi ada Oppo F1 di posisi ketiga.

Grafik Smartphone (foto: Priceza)

Tahun 2017, mulai muncul tren yang menarik. Popularitas Xiaomi sebagai smartphone yang paling populer di Indonesia berdasarkan pencarian di Priceza.co.id mulai terjadi. Merek asal Tiongkok ini berhasil mendominasi tiga posisi teratas dengan model yang dimilikinya. Mulai dari Xiaomi Redmi Note 4, Xiaomi Redmi 4X, dan Xiaomi Redmi Note 4X.

Temuan tentang popularitas ini konsisten dengan statistik Xiaomi di tahun 2017. Pada kuartal tiga tahun 2017, Xiaomi berhasil membukukan 80% kenaikan penjualan, dengan sumber pertumbuhan yang berada di luar pasar Tiongkok.

Spesifikasi smartphone yang paling diminati di Indonesia

Menyelami lebih jauh tentang preferensi smartphone di Indonesia, sebagai mesin pencari belanja (shopping search engine) dengan fitur pembanding harga (price comparison) Priceza memiliki informasi menarik terkait spesifikasi smartphone yang paling diminati oleh pasar Indonesia.

  1. a) Resolusi kamera besar

Kamera tidak diragukan lagi merupakan fungsi penting kedua dari smartphone, selain sebagai alat komunikasi. Hal ini tercermin dari data yang dimiliki Priceza, di mana smartphone dengan resolusi kamera minimum 13 MP merupakan spesifikasi yang paling dicari.

  1. b) Ukuran layar besar

Para pengguna di Indonesia cenderung menyukai smartphone dengan ukuran layar yang cukup besar (5 inci ke atas). Hal ini tentunya terkait dengan kenyamanan menggunakan gadget, baik itu dalam penggunaan kamera ataupun sekedar menikmati sajian hiburan, mulai dari permainan hingga menonton video.

  1. c) Sistem operasi Android

Ada pergeseran tren dalam tiga tahun terakhir. Seperti yang dibahas sebelumnya. Di tahun 2015, iPhone dari Apple merupakan model yang paling banyak dicari. Namun setelahnya, pencarian didominasi oleh smartphone berbasis Android. Ada berbagai argumen yang bisa menjelaskan fenomena pergeseran preferensi ini, mulai dari alasan teknis seperti keterbukaan platform hingga pertimbangan finansial (bujet).

  1. d) Kapasitas baterai besar

Terakhir adalah kapasitas baterai yang besar (3000 mAh – 4000 mAh) untuk melakukan aktivitas mobile lebih lama. Kapasitas besar ini umumnya memiliki waktu bicara hingga lebih dari 20 jam dengan waktu standby 1 – 2 hari. Dengan kata lain, bisa diintepretasikan bahwa pasar di Indonesia menghendaki smartphone berdaya tahan lama.

Kesimpulan dan prediksi tren smartphone di 2018

Jika disimpulkan, pasar di Indonesia memiliki ketertarikan akan fitur yang terkait dengan kenyamanan visual. Hal ini tercermin dari preferensi terhadap resolusi kamera, ukuran layar, dan didukung oleh kapasitas baterai.

Obsesi pasar Indonesia terhadap hal visual ini cukup selaras dengan perkembangan fitur smartphone secara global, yang menekankan pada fitur kamera. Seperti misalnya fitur kamera ganda (dual-camera).

Tren implisit lainnya adalah preferensi terhadap harga yang terjangkau. Hal ini tercermin dari kecondongan terhadap sistem operasi Android yang relatif memiliki pilihan harga yang luas.

Hipotesis tentang ‘harga terjangkau’ ini juga didukung oleh data IDC per kuartal dua tahun 2017, yang memperlihatkan bahwa sekitar 96% smartphone yang didistribusikan di Indonesia merupakan kombinasi dari kategori menengah (mid-range), menengah-ke-bawah (low-end), dan bawah (ultra-low-end).

Berdasarkan data dan tren yang tersebut, maka dapat diprediksi bahwa tidak akan ada perubahan preferensi yang mencolok untuk beberapa waktu ke depan. Belum ada gejala pergeseran fitur yang diprioritaskan ataupun terjadinya peningkatan daya beli yang signifikan.

SHARE

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here