Viral! Kamera Pengintai Berbentuk Gantungan Baju Ditemukan, Dijual Bebas Secara Online

0
230

Di tahun 2018, sepertinya semuanya bisa kita lakukan dengan mudah karena teknologi yang ada sekarang ini sangat bisa membantu kita dalam melakukan segala hal, mulai dari bekerja, berkomunikasi, hingga mencari hiburan pun bisa kita lakukan berkat kemajuan teknologi.

Dengan hadirnya akses internet ini pun kita juga jadi terbantu dalam berbagai hal, dan hampir semua hal bisa kita lakukan secara online, mulai dari bekerja, memesan makanan, memesan tiket konser, tiket nonton bioskop, bahkan hingga belanja pun sudah bisa kita lakukan secara online dengan mudah.

Salah satu platform dan market place yang paling populer di Indonesia ini salah satunya adalah Tokopedia. Di Tokopedia kita bisa mencari berbagai barang dan kita pun juga bisa menjual berbagai barang di Tokopedia. Berbagai barang mulai dari pakaian dan bahkan makanan pun bisa kita temukan dan harga yang ditawarkan pun beragam dan bisa dibilang cukup terjangkau.

Namun beberapa waktu lalu, netizen sempat dihebohkan dengan berita yang berhasil viral mengenai Tokopedia dan berbagai market place lainnya seperti lazada, dan olx contohnya. Berita viral ini pun terbilang sebagai berita yang kurang menyenangkan, terutama bagi kaum hawa.

Pasalnya, di dalam tokopedia dan berbagai platform marketplace lainnya, ditemukan sejumlah bahkan ratusan toko yang menjual kamera pengintai ruang ganti yang berbentuk menyerupai gantungan baju. Tentu saja hal ini membuat para netizen yang khususnya adalah seorang wanita merasa khawatir dan takut.

Baru-baru ini netizen ramai membicarakan soal spy camera berbentuk gantungan baju yang dijual bebas di Tokopedia

(Foto: Twitter.com/harizanggara)

Hal ini pun tidak dibiarkan saja oleh netizen Indonesia. Seorang pengguna twitter dengan nama pengguna @harrizanggara menyuarakan kekhawatirannya mengenai maraknya penjualan kamera pengintai yang memiliki bentuk menyerupai gantungan baju itu. Gantungan baju yang sebenarnya adalah sebuah kamera pengintai itu bisa saja disalah gunakan oleh orang orang yang tidak bertanggung jawab.

Di dalam toko yang menjual kamera pengintai ini pun disertakan sebuah ilustrasi gambar yang menampilkan sosok wanita yang sedang mengganti pakaian tanpa sepengetahuan dirinya. Tentu saja kegiatan dan penggunaan kamera pengintai dengan tujuan seperti ini sangat melanggar privasi orang lain, bahkan melanggar hukum yang ada di Indonesia.

Netizen pun bersuara menuntut Tokopedia dan market place semacamnya untuk mengambil tindakan atas penjualan benda berisiko ini

(Foto: Twitter.com/harizanggara)

Para netizen yang khawatir dan merasa miris dengan penjualan kamera pengintai ini pun meminta pihak dari tokopedia dan marketplace lain yang sejenis untuk mengambil tindakan tegas kepada para toko yang menjual barang yang berpotensi tinggi untuk disalahgunakan ini.

Salah satu netizen yang beranam haris misalnya, dirinya meminta para pengelola marketplace seperti Tokopedia, Lazada Indonesia, dan Bukalapak untuk lebih memberikan perhatian lebih dalam menjaga website mereka dari adanya barang barang seperti ini.

Netizen berharap marketplace platform ini agar segera mengambil tindakan yang tegas untuk mengatasi atau menghilangkan penjualan barang barang yang tidak senonoh ini dari website yang mereka miliki. Sebenarnya para pengguna bisa melaporkan toko-toko yang menjual barang ini agar pihak pihak terkait bisa segera mengatasinya.

Namun mengingat jumlah toko yang menjual barang ini jumlahnya bisa mencapai ratusan, maka rasanya sangat sulit untuk membasmi toko ini lewat laporan yang dilakukan satu persatu, bahkan bisa terbilang mustahil.

Tokopedia pun segera memberi tanggapan lewat sosial media Twitter. Satu per satu toko ‘nakal’ telah ditindak

Menanggapi keluhan yang dilaporkan dan disuarakan oleh para penggunanya, pihak dari Tokopedia pun merespon dan menanggapi kekhawatiran para netizen Indonesia. Lewat akun sosial media twitter resminya, Tokopedia memberi pernyataan bahwa pihaknya akan segera menindak lanjuti toko toko yang menjual barang berbahaya tersebut.

(Foto: Twitter.com/harizanggara)

Saat dimintai kejelasan mengenai kapan tepatnya para toko yang menjual kamera pengintai dengan bentuk gantungan baju tersebut dihapus atau di banned secara permanen dari platform marketplace mereka, pihak Tokopedia pun belum belum bisa memberikan kepastian karena toko yang menjual barang tersebut sangatlah banyak jumlahnya bahkan bisa mencapai ratusan.

Update: Tokopedia telah mengeluarkan pernyataan resmi soal sikap mereka terhadap pelanggaran Toko Yang Bersangkutan

Menyangkut hal ini, Tokopedia pun sudah mengeluarkan pernyataan resmi yang disampaikan kepada media massa IDN Times. Perusahaan yang memiliki lambang burung hantu ini pun menjelaskan bahwa marketplace yang mereka miliki ini menganut sebuah sistem yang bernama User Generated Content. Sistem ini membuat setiap pengguna Tokopedia bisa membuka lapak, dan memasarkan barang yang ingin ia jual.

Dengan kondisi teknologi yang semakin mendukung seperti sekarang ini tentunya saja punya manfaat yang sangat besar untuk mempermudah kita dalam belanja secara online. Tetapi perlu diketahui, peraturan yang terdapat dalam platform market place ini haruslah bisa dipahami oleh semua user dari Tokopedia agar tidak melanggar norma dan hukum yang berlaku.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here