AS Meretas Dewan Pers Demi Kepuasan Batin

0
546
web dewan pers
Web Dewan Pers diretas

JAKARTA – Seorang housekeeper sebuah hotel berinisial AS (28), ditangkap Bareskrim Polri karena telah meretas sebanyak 100 buah situs, termasuk milik pemerintah dan dewan pers. Dalam aksinya, dia mengaku bertujuan untuk memberikan pesan-pesan.

AS mengaku tidak ada keuntungan ekonomi yang dia dapatlan dari aksinya meretas web-web tersebut. AS bertujuan mencari kepuasan batin setelah ia berhasil meretas sebuah situs.

“Tujuannya kepuasan batin saja. tidak ada keuntungan ekonomi,” ungkap AS, di kantor Dit Tipidkor Bareskrim, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Jumat 9 Juni 2017.

Contohnya, saat meretas situs dewan pers, dia meninggalkan pesan tentang persatuan. “Memberikan pesan tentang keresahan apa yang diributkan saja,” katanya.

Kasubdit II Dit Tipidkor Bareskrim Polri Kombes Himawan Bayu Aji kemudian menunjukkan screenshoot web dewan pers yang diretas. Di situs dewan pers itu tertulis:

“Tolong hentikan semua perpecahan ini tuan. Negaraku bukan negara satu agama atau milik kelompok perusak adat budaya, juga bukan milik satu golongan.”

AS mengaku sempat meretas situs milik pemerintah Samarinda saat terjadi teror bom di sebuah gereja. Tampilan web tersebut diganti dan diberikan ucapan duka.

“Tujuannya menunjukkan pesan tertentu, seperti Samarinda waktu itu, untuk sampaikan pesan berduka,” ucapnya.

Saat meretas situs pemerintah, AS mengaku nenemukan banyak kelemahan dan dia juga bertujuan untuk memberi tahu letak kelemahan dari web pemerintah tersebut.

“CMS-nya (Content Management System) masih banyak masalah, banyak yang bisa di-inject. Servernya banyak yang mudah down kalau diserang,” jelas AS.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here