Begini Cara Taklukkan Virus Ransomware WannaCry

JAKARTA- Sebuah virus membuat heboh dunia bernama Ransomware WannaCry. Jika sudah terinfeksi virus tersebut, tak ada ampun, data yang tersimpan maka akan terkunci, tidak bisa terbuka.

Tapi, tidak usah khawatir, karena salah seorang peneliti mengaku telah menemukan cara untuk menaklukkan virus ganas tersebut.

Adalah Adrien Gunnet, seorang peneliti keamanan, mengaku mampu mendekripsi sebuah ransomware di sebuah komputer yang menjalankan Windows XP di laboratoriumnya. Caranya, dengan menemukan bilangan prima yang membentuk kunci Pribadi WannaCry.

Tanpa perlu membayar uang tebusan berupa Bitcoin senilai USD300, Adrien mengaku mengatasi masalah serangan Ransomware tersebut.

Peneliti tersebut mengakui bahwa teknik tersebut hanya bisa mengatasi serangan virus yang menggunakan Windows XP. “Anda tidak bolah mereboot computer jika diketahui terinfeksi,” kata Guinet dikutip Mashable.

Lain itu, menurutnya dibutuhkan juga sedikit keberuntungan agar tips atau solusi ini dapat berjalan baik. Karena saat WannaCry menginfeksi, dia menghasilkan kunci enkripsi dalam bentuk bilangan prima. Pentingnya, Ransomware tak menghapus bilangan prima dari memori tersebut. “Jika beruntung, bilangan prima bisa saja masih terdapat di dalam memori,” ujarnya

Bagikan Yuk..!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here