600 Juta Tahun Lagi Manusia Tidak Akan Melihat Gerhana Matahari Total

Gerhana matahari total
Gerhana matahari total

JAKARTA – Gerhana matahari total menjadi fenomena alam yang menarik perhatian manusia. Namun para astronom mengatakan bahwa sekira 600 juta tahuh lagi, gerhana matahari total tak lagi mungkin terjadi.

“Gerhana total hanya terjadi jika ada keselarasan antara bulan dan matahari di langit kita,” kata Richard Vondrak, seorang ilmuwan Bulan di Pusat Penerbangan Antariksa Goddard milik NASA.

Gerhana total juga dimungkinkan hanya karena posisi dan lokasi Bulan. Sementara itu, Bulan perlahan-lahan bergerak menjauh dengan kecepatan sekitar satu inci setiap tahunnya, menurut NASA.

Matahari dan bulan memiliki ukuran yang sama seperti yang terlihat dari bumi karena Matahari 400 kali ukuran Bulan. Sedangkan Bulan 400 kali lebih dekat ke Bumi dibanding Matahari, seperti dilaporkan New Scientist.

Gerhana matahari total
Gerhana matahari total

Pada akhirnya, Bulan akan cukup jauh dari Bumi dan tidak akan bisa lagi sepenuhnya menghalangi Matahari. Ukurannya akan semakin kecil dan tidak akan bisa menutupi keseluruhan sinar Matahari.

“Sekitar 600 juta tahun dari sekarang, Bumi akan mengalami fenomena keindahan dan drama gerhana matahari total untuk terakhir kalinya,” kata Vondrak.

Secara teori, Bulan pada akhirnya akan akan bergerak cukup jauh dari Bumi, dan pengaruh Matahari mengakibatkan Bulan lebih dekat ke Bumi dibanding keberadaannya saat ini. Hal ini akan membuat gravitasi bumi menyebabkan gerakan pasang surut di Bulan yang pada akhirnya akan merobeknya.

Bulan akan menetap seperti lingkaran di sekitar Bumi layaknya cincin Saturnus, menurut Lee Anne Willson dari Lowa State University dalam sebuah wawancara dengan Space.com.

Gerhana matahari total bukanlah fenomena yang jarang terjadi. NASA menjelaskan bahwa sebenarnya, ada gerhana yang terjadi setiap 18 bulan sekali. Gerhana parsial terjadi setidaknya dua kali setahun. Bayangan Bulan harus relatif kecil agar gerhana terlihat jelas, dan harus terjadi di siang hari.

gerhana matahari parsial
Gerhana matahari parsial

Tempat yang sama untuk melihat gerhana total adalah peristiwa langka dan hanya terjadi sekali dalam seumur hidup. ‘Path of totality’ – daerah di Bumi dimana gerhana dapat disaksikan – melewati daerah yang sama terjadi sekitar sekali dalam 375 tahun, menurut NASA.

Di tahun ini, gerhana matahari total akan terlihat di daratan Amerika Serikat pada tanggal 21 Agustus. Fenomena ini akan terlihat dari Salem, Oregon, hingga Charleston, South Carolina. Demikian seperti dilansir IB Times, Kamis (3/8/2017).

Bagikan Yuk..!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here