UMG Myanmar Siap Kembangkan Startup Pertanian

0
183
(foto: RITX)

ORANYENEWS- Perkembangan zaman yang semakin cepat menuntut masyarakat untuk turut serta mengikutinya. Dari perihal transportasi, pendidikan, ekonomi dan sektor lainnya. Bahkan, saat ini sektor-sekotor tersebut telah terintgreasi dalam teknologi.

Tak ayal, jika setiap individu, kelompok masyarakat, instansi pemerintahan maupun perusahaan mikro dan makro turut berbondong-bondong meningkatkan kualitas mereka dengan memanfaatkan teknologi yang ada saat ini.

Termasuk konglomerasi besar asal Myanmar (UMG Myanmar) yang memiliki Lebih dari 3000 karyawan di tersebar di berbagai Negara di Asean seperti  Indonesia, Myanmar, Vietnam, Laos dll. Sebuah perusahaan yang memiliki bisnis di berbagai indusri seperti  distribusi, pengembangan infrastruktur, sumber daya alam, makanan, pendidikan, hiburan dan jasa keuangan ini dipimpin oleh orang asli  Indonesia. Ia memulainya bersama ketiga temannya pada 1998 silam, saat kawasan Asia tenggara  mengalami krisis keuangan dengan sebuah nama United Machinery Group  sebagai langkah awalnya.

“Kami selalu berupaya dan bersemangat untuk menghadirkan senyuman baik untuk seluruh keluarga besar karyawan UMG sendiri maupun orang-orang yang berinteraksi di sekitar kami,” ujar Kiwi Aliwarga, CEO UMG

Oleh karenanya, lanjut ia, UMG akan terus berupaya untuk memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggannya, sehingga terbangunnya kepercayaan. Di samping, terus menumbuhkan usaha yang tak kenal lelah untuk mencapai kesempurnaan.

Ia pun berprinsip dimana pun perusahaannya beroperasi akan terus berinovasi dan meraih keunggulan dalam segala yang dilakukan. Tentunya, dengan nilai etika dan karakter positif. Sehingga, tidak hanya mendatangkan kemakmuran bagi diri sendiri saja melainkan bagi bangsa dan masyarakatnya.

Visi dan misinya itu pun diwujudkan tidak hanya meningkatkan kualitas perusahaan yang dipimpinnya saja. Tapi, mendirikan UMG Idealab sebuah perusahaan Investasi yang memberikan pendanaan dan pendampingan kepada startup – startup yang berpotensi.  ProSehat, Aruna, Fishtron Indonesia, Crowde, Perawatku, Selena dan Sitampan  adalah beberapa startup yang sudah didanai dan dikembangkan.

Prosehat merupakan teknologi startup yang membawa pelayanan kesehatan online pertama di Indonesia. Sebuah aplikasi yang membantu masyarakat Indonesia menemukan dan membeli obat asli berupa obat resep maupun obat bebas. ProSehat ini memiliki fitur e-prescription, yaitu jasa tebus  resep online hanya dengan mengupload foto resep obat ke website www.prosehat.com atau aplikasi andriod Prosehat. Seluruh kegiatan yang berkaitan dengan aplikasi ini diawasi langsung oleh tenaga kesehatan profesional.

Aruna, sebuah teknologi yang membawa kebutuhan informasi pada sektor perikanan. Baik dari data langsung terkait perikanan di daerah laut setempat, data komoditi jual beli perikanan terbaru, dan menyediakan wadah penjualan hasil tangkap perikanan nelayan. Sehingga, dapat memberikan kemudahan bagi nelayan dan memberikan kehidupan yang lebih baik.

Fishtron Indonesia merupakan teknologi budidaya perikanan dengan sistem Internet of Thing (IoT) yang mampu membantu para petani ikan/petambak ikan. Baik untuk mengefesienkan pengeluaran biaya pakan, memonitoring kualitas air agar selalu berada pada kondisi aman, serta membantu untuk memanajemen kualitas air agar selalu berada pada kondisi aman, serta membantu untuk memanajemen bisnis perikanannya secara digital.

CROWDE sendiri hadir sebagai solusi untuk permasalahan di bidang agraria. Begitu banyak kesempatan menarik dan menguntungkan, yakni para investor, yang dapat turut membantu para petani meningkatkan kesejahteraan hidup mereka. CROWDE memberi kesempatan berinvestasi yang menguntungkan bagi  teman CROWDE maupun petani dengan sistem bagi hasil setelah panen, sesuai dengan persentase modal investasi yang diberikan.

Perawatku.id adalah platform yang menyediakan jasa perawat kesehatan untuk bisa datang ke lokasi tujuan anda. Dengan platform ini diharapkan bisa menuntaskan masalah susahnya mencari perawat yang ingin datang ke rumah. Melihat, sebagai Negara yang masih memiliki jumlah tenaga kerja yang masih menganggur, maka platform ini bisa menjadi solusi dari masalah tersebut.

Selena merupakan ruang aktivitas yang membantu pemuda/pemudi atau pun masyarakat umum untuk memperoleh informasi kegiatan yang digemari. Mulai dari kelas memasak, kesenian, bahkan perjalanan unik ke suatu tempat. Bahkan, bisa merekomendasi kegiatan yang ingin diadakan hanya cukup dengan mengunjungi website selena.id.

SiTampan (Tenang, Aman & Mapan), layanan yang memberikan kemudahan masyarakat untuk melakukan pembayaran BPJS Ketenagakerjaan. Pembayaran pun dapat dilakukan melalui 1000 loket yang tersebar di Jawa, Sumatera dan Bali. Untuk informasi lebih lanjut dapat dilihat melalui website sitampan.co.id.

UMG Idealab menginisiasi sebuah startup pertanian yang terintegrasi yang disebut  “RiTX”. Sebuah aplikasi yang berkonsentrasi pada sektor pertanian. Terdapat fitur-fitur yang dapat membantu masyarakat untuk mulai bertani maupun petani yang sudah terbisa dibidangnya.

Kiwi Aliwarga mengungkapkan, sistem baru yang dibentuk ini disebut RiTX. Sebuah aplikasi sektor pertanian yang akan membantu memecahkan masalah-masalah yang terjadi di sektor pertanian, khususnya permasalahan yang dihadapi oleh petani-petani.

Aplikasi RiTX ini memfasilitasi untuk memudahkan para petani mendapatkan modal/investor untuk operasionalnya tanpa rasa khawatir terlibat hutang yang suku bunganya tinggi dan beresiko untuk petani. Bahkan, aplikasi ini memfasilitasi dana syariah yang menggunakan sistem bagi hasil.

Disamping, mewadahi para petani untuk menjual hasil pertaniannya ke industri atau pasar. Bahkan, diketahui pula jenis pertaniannya, lahan di mana, bibit, pupuk dan peptisida yang digunakan apa. Sehingga, para petani mendapatkan nilai tambah dari hasil pertaniannya.

Tak hanya itu, hadir pula sistem IoT sistem monitoring lahan sawah dan Ai predictive analytic yang memberikan solusi sesuai dengan karakteristik permasalahannya.

Monitoring ini dilakukan dengan memanfaatkan sensor-sensor yang ditancapkan di lahan. Secara berkala sensor ini akan memberikan informasi/data terkait prakira cuaca, curah hujan, suhu, kelembaban, kecepatan dan arah angin serta suhu tanah, pH maupun Electric Conductivity (jumlah unsur hara dalam tanah). Laporan data tersebut dapat dilihat langsung dari RiTX Apps maupun sistem dashboard yang akan diberikan kepada user dari RiTX Apps

Disamping itu, dalam apps juga kan ditampikan prediksi-prediksi terkait kondisi lahan, jadwal tanam, pemupukan dan estimasi panen berdasarkan prediksi cuaca, tanah dan air yang terdata oleh sensor.

Fitur ini pun dilengkapi dengan data irigasi air yang terdeteksi oleh sensor-sensor. Baik itu, debit air, kecepatan air, tinggi muka air pada saluran irigrasi, bendungan maupun sungai.

“Kami bercita-cita dapat melihat kehidupan para petani Indonesia sejahtera, seperti petani di negara lainnya. Sehingga, mereka pun tak perlu khawatir lagi apa yang bisa mereka berikan untuk makan keluarganya ataupun pendidikan putera-puteri mereka, karena ia telah mampu memberikan  itu semua,” harap Kiwi.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here