Intel Kucurkan USD1 Juta untuk Investasi Kecerdasan Buatan

0
351
Intel
JAKARTA – Intel, perusahaan teknologi global mengucurkan dana USD1 juta untuk investasi Kecerdasan Buatan. Dana tersebut ditujukan untuk riset dan pengembangan teknologi.
Chief Executive Officer Intel Corporation Brian Krzanich mengungkapkan investasi strategis tersebut dilakukan guna mendorong inovasi pada kecerdasan buatan. Lain itu, investasi tersebut juga ditujukan untuk menjalin kerja sama dengan perusahaan, pemerintah, akademisi, dan kelompok masyarakat.
“Di Intel, kami berusaha memenuhi komitmen kami terhadap apa yang kami kami janjikan melalui Kecerdasan Buatan, mulai dari mengadakan penelitian dalam neuromorphic computing, menjelajahi arsitektur baru dan mempelajari paradigma,” urainya dalam rilis di Jakarta, Minggu 24 September 2017.
Intel
Dia melanjutkan, Intel juga berinvestasi di sejumlah startup seperti Mighty AI, Data Robot, dan Lumiata melalui portofolio Intel Capital.
“Kami juga turut berinvestasi sebesar USD1 juta untuk perusahaan-perusahaan yang berkontribusi pada kemajuan kecerdasan buatan,” katanya.
Terkait kecerdasan buatan, Intel memiliki pandangan pragmatis dan optimis. Keduanya memiliki pandangan yang baik akan pengaruh Kecerdasan Buatan di masyarakat, pekerjaan dan kehidupan keseharian. Selain itu, hal ini juga akan memberikan pengaruh yang signifikan pada industry dan revolusi teknologi PC.
Intel percaya Kecerdasan Buatan akan membawa peluang baru yang signifikan untuk merubah bisnis, mulai dari ritel, kesehatan sampai manufaktur, dan berdampak positif di kalangan masyarakat.
Menurutnya, Kecerdasan Buatan akan membuat hal yang tidak mungkin terjadi menjadi kenyataan.
Contohnya seperti memajukan penelitian tentang penyakit kanker, penyakit Parkinson, kelainan otak, membantu pencarian anak hilang; dan memajukan upaya ilmiah dalam perubahan iklim, eksplorasi luar angkasa serta penelitian terkait kelautan.
Dia yakin Intel akan menjadi pilihan untuk platform Kecerdasan Buatan yang akan menawarkan kinerja yang handal, keamanan dan integrasi yang diklaim tidak tertandingi.
“Intel berkomitmen penuh untuk menciptakan roadmap produk yang dioptimalkan untuk mendukung daya kerja Kecerdasan Buatan,” katanya.
Solusi Kecerdasan Buatan akan membutuhkan kinerja dan daya yang sangat besar untuk memenuhi kebutuhan aplikasi, dan Intel mempunyai pilihan terbanyak bagi pelanggan yang akan memudahkan prosesnya.
Untuk mendukung banyaknya beban kerja Kecerdasan Buatan di masa depan, sebuah perusahaan membutuhkan optimalisasi infrastruktur dan fleksibilitas yang tidak tertandingi sehingga fungsi Kecerdasan Buatan mampu berjalan bersamaan dengan beban kerja perusahaan yang krusial.
Adapun portofolio Kecerdasan Buatan dari Intel NervanaTM yaitu Intel Xeon Scable family, menyediakan prosesor yang sangat scalable untuk mengembangkan daya beban AI dan silicon buatan kami untuk pelatihan deep learning paling intensif, kode “Lake Crest”.
Kemudian, Intel Mobileye yaitu Teknologi penglihatan untuk kasus-kasus penggunaan khusus seperti keamanan aktif dan autonomous driving. Terdapat juga Intel FPGAs – akselerator yang dapat deprogram untuk infrensi deep learning.
Selanjutnya, Intel Movidius yaitu teknologi penglihatan berdaya rendah yang menyediakan pembelajaran mesin terkemuka
Brian menambahkan Kecerdasan Buatan memang masih dalam tahap pertumbuhan namun akan terus berkembang.
“Seiring dengan perkembangannya, kami akan terus melanjutkan kemajuan dari pendekatan yang akan  mendukung pengurangan kerumitan beban pekerjaan baik di masa sekarang dan masa depan,” ujarnya.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here