Tips Merawat Selang Radiator Agar Tidak Cepat Aus

Tips Merawat Selang Radiator Agar Tidak Cepat Aus

Oranyenews.com, Jakarta – Pada jenis mesin motor keluaran terbaru, sudah dilengkapi dengan teknologi atau bahkan sistem pengaman yang dimutakhirkan.

Nah, tidak terkecuali juga dengan sistem pendingin yang mempunyai peranan penting untuk menjaga kondisi mesin tetap dalam posisi prima.

Secara singkat, peranan sistem pendingin pada sepeda motor cukup vital. Yakni untuk menjaga suhu mesih agar tidak mengalami overheat.

Sedangkan untuk sistem pendingin mesin sendiri, terdiri dari beberapa komponen, seperti halnya selang radiator yang berada pada mesin berpendingin cairan.

Pada umumnya, selang radiator tersebut terbuat dari bahan karet serta mempunyai fungsi untuk mengalirkan cairan pendingin dari radiator ke mesin. Tujuannya ialah supaya mesin tetap bekerja optimal.

Dan ternyata, selang radiator tersebut juga sangat penting untuk dirawat. Sebagai salah satu dari beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menjaga motor tetap prima.

Perawatan yang dilakukan pada selang radiator, bertujuan untuk mencegah selang tidak mudah getas serta bisa menyebabkan retak ataupun bocor.

Seperti yang dijelaskan oleh Eddy Yulianto selaku Kepala Mekanik Super Sukses Motor Kawasaki Fatmawati, Jakarta Selatan.

Untuk melakukan perawatan pada selang tersebut pada dasarnya tidaklah susah. Salah satunya ialah dengan pemberian pelumas secara merata pada bagian luar selang.

Akan tetapi, pelumasan tersebut tidak sampai menetes karena harus dilakukan pengelapan. Tujuannya ialah supaya selang tersebut tetap lembab.

“Perawatannya sebenarnya tidak terlalu susah. Cukup berikan pelumas secara merata kemudian dilap agar sisa pelumas tidak menetes. Ini untuk menghindari getas,” kata Eddy Yulianto, dikutip dari otorider.

Seiring dengan waktu dan pemakaian, umumnya selang radiator tersebut akan menjadi kusam atau bahkan mengering.

Hal tersebut disebabkan oleh suhu panas dari mesin, suhu sekitar, atau bahkan dari perubahan cuaca.

Eddy menjelaskan, fungsi dari pelumas tersebut sangat mirip dengan pelembab kulit manusia. Sehingga bisa menjaga selang tidak getas atau bahkan retak.

“Fungsi pelumas ini mirip seperti pelembab kulit pada manusia. Jadi, bisa menjaga selang supaya tidak getas ataupun retak yang kemudian menyebabkan kebocoran,” jelas Eddy.

Bagikan Yuk..!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here