Tips Meninggalkan Motor Injeksi Dalam Waktu Lama

Tips Meninggalkan Motor Injeksi Dalam Waktu Lama

Mungkin sebagian orang merasa bingung ketika hendak bepergian dari rumah. Sehingga tidak sedikit yang mencari referensi terkait Tips Meninggalkan Motor Injeksi Dalam Waktu Lama. Khususnya bagi mereka yang akan mudik, merantau, atau hal lain yang membuat anda jarang pulang kerumah.

Terlepas dari berjaga-jaga agar motor tidak dicuri maling, adapula tips sederhana yang bisa mencegah terjadinya kerusakan pada motor. Yang menjadi pertanyaan adalah : Apa saja yang perlu dilakukan untuk menjaga motor tidak rusak meski ditinggal dalam waktu lama?

Untuk memberikan jawaban dari pertanyaan tersebut, maka dibawah ini kami sudah merangkum beberapa tips yang bisa dilakukan. Supaya lebih singkat, yuk langsung dipraktekin saja.

Tips Meninggalkan Motor Injeksi Dalam Waktu Lama

Pada dasarnya, tips ini tidak hanya bisa dilakukan pada jenis fuel injection saja. Namun bisa diterapkan pada semua merek, jenis, ataupun tahun pembuatan. Seperti apa? berikut daftar tips yang bisa anda lakukan.

1. Mengecek Kebersihan Motor

Meninggalkan motor dalam keadaan tidak bersih bisa memicu munculnya korosi pada beberapa komponen. Jadi untuk mencegah hal tersebut, sebelumnya anda harus mencuci dan memastikan motor sudah kering.

Jangan lupa pula untuk menutup / melindungi motor dengan cover. Tujuannya ialah untuk mencegah debu menempel, atau hal lain yang terkadang tidak terduga.

2. Cek Tangki Bensin

Meski terbilang sederhana, namun kondisi motor jarang dinyalakan akan membuat bensin dalam tangki menguap. Hal ini pula yang memicu terjadinya karat didalam tangki.

Jadi tips yang bisa dilakukan, bisa dengan mengisi full atau kosongkan tangki bensin. Hal ini juga membuat motor lebih aman, tanpa harus terjadi kerusakan.

3. Cabut Sambungan Aki

Kondisi motor tidak pernah dihidupkan akan membuat aki tidak terisi daya secara rutin. Dampaknya, dengan mengalirnya listrik secara terus-menerus, maka bisa saja menyebabkan komponen didalamnya soak.

Oleh karena itu, akan lebih baik jika aki tersebut dicabut (dilepas), untuk menjaga kinerja dan bisa digunakan kembali ketika motor siap untuk dinyalakan.

4. Ganti Oli

Meski tidak akan dinyalakan dalam waktu lama, namun komponen yang terdapat dalam mesin motor juga perlu dilindungi.

Jadi usahakan ganti terlebih dahulu oli yang sudah lawas, sehingga perlindungan yang terjadi lebih maksimal.

5. Standar Tengah

Tips ini pada dasarnya akan sangat membantu dalam mencegah ban kempis, atau berubahnya setelan shock motor bagian depan dan belakang.

Jadi dengan menggunakan standar tengah, maka motor akan tetap setel, dan sejajar dari semua sisi. Sehingga membuat motor tetap nyaman dikendari ketika dibutuhkan.

6. Pilih Tempat Motor Yang Teduh

Cat motor sangat sensitif dengan paparan sinar matahari secara langsung. Jadi untuk menjaga cat motor tetap kinclong, maka diharuskan untuk memilih lokasi menyimpan motor yang terhindar dari sinar matahari.

Namun perlu juga dilindungi dengan cover yang sesuai. Supaya tips yang dilakukan bisa maksimal.

7. Gunakan Kick Starter

Pada kondisi mesin motor jarang menyala, tentu oli didalam mesin akan mengendap dibagian bawah. Serta aki pada motor pun terkadang akan tekor lantaran tidak ada pengisian listrik.

Jadi, gunakan kick starter pada awal penggunaan setelah ditinggal lama, sehingga oli kembali menyebar dan aki kembali terisi listrik.

Demikian tips singkat yang bisa kami bagikan, semoga bisa menjadi referensi yang memang benar-benar dibutuhkan.

Bagikan Yuk..!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here