Santai! Ini Cara Hidupkan Motor Injeksi Saat Kehabisan Bensin

Santai! Ini Cara Hidupkan Motor Injeksi Saat Kehabisan Bensin

Oranyenews.com – Bagaimana Cara Hidupkan Motor Injeksi Saat Kehabisan Bensin? Mungkin pertanyaan ini muncul ketika anda mengalami masalah tersebut.

Hal tersebut dikarenakan motor dengan sistem pembakaran injeksi, tidak akan langsung menyala. Tepatnya ketika kendaraan roboh (terjatuh), atau karena kehabisan bahan bakar.

Seperti yang kita ketahui, motor merupakan kaki kedua bagi semua orang pada kalangan menengah keatas untuk menjalani aktivitas harian.

Dan untuk saat ini, motor keluaran terbaru bisa dipastikan sudah menerapkan injeksi untuk sistem pembakaran.

Dikarenakan penggunaan bahan bakar lebih efisien dan irit, tentu tidak sedikit pula yang meremehkan untuk cepat isi ulang, meskipun lampu indikator sudah berkedip.

Cara Hidupkan Motor Injeksi Saat Kehabisan Bensin

Pada dasarnya tips ini sangatlah sederhana. Asal anda paham dan tahu betul langkah-langkah yang perlu diterapkan.

Nah, jika hal tersebut benar-benar terjadi, berikut beberapa hal yang harus anda lakukan. Sederhana sih, namun menjadikan anda tidak panik lantaran sudah paham cara mengatasinya.

1. Cari Tempat Aman Untuk Parkir Motor

Hal pertama yang perlu dilakukan ialah mencari tempat aman untuk menepi dan meninggalkan motor.

Mungkin dalam hal ini, untuk menjadikan hati tidak was-was, maka akan lebih baik jika dititipkan saja. Atau jika masih kuat dan tidak malu, ya didorong saja.

Tips ini sebelum anda menemukan toko atau warung yang menjual bensin eceran (di wilayah pelosok), atau bisa juga ke pom bensin.

2. Isi Tangki Bensin Secukupnya

Untuk melakukan pengisian ulang bahan bakar, bisa disesuaikan dengan kondisi kantong. Jika memang sedang ada, maka bisa langsung di full tank saja.

Mengenai sedikit banyaknya bensin yang di isi, tidak menjadi masalah. Dan yang terpenting, setelah tangki sudah terisi bensin, jangan langsung menyalakan motor.

3. Putar Kunci Kontak Dari Off ke ON (Berulang)

Langkah ini diterapkan dengan cara memposisikan kontak dalam posisi on (menyala), tunggu hingga suara fuel pump mati, baru di off lagi.

Lakukan berulang dari 3 hingga 5x mengunci kontak tersebut. Tujuannya ialah supaya fuel pump menghisap bensin terlebih dahulu serta membuang angin yang masuk.

Pasalnya, ketika mesin langsung dicoba untuk dinyalakan, tentu motor tidak akan hidup, justru meskipun hidu, pasti nyalanya brebet.

4. Selesai

Ketika sudah dirasa cukup atau sudah mencapai lima kali On-Off kunci kontak, maka mesin bisa dicoba untuk dihidupkan.

Jika motor masih dilengkapi dengan kick starter, maka akan lebih baik di engkol dulu. Namun jika tidak ada, maka dengan electrik starter pun tidak apa-apa.

Bagikan Yuk..!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here