Cara Mengurus Izin Modifikasi Motor, Pahami Juga Persyaratanya

Cara Mengurus Izin Modifikasi Motor, Pahami Juga Persyaratanya

Oranyenews.com, Jakarta – Untuk Cara Mengurus Izin Modifikasi Motor, pada dasarnya hanya perlu menyiapkan syarat yang diminta oleh pihak Samsat terdekat.

Jika memang tahap modif tidak mengubah bentuk rangka, atau beberapa hal yang dilarang dalam Undang-Undang, tentu Izin ini tidak diperlukan.

Sebab secara harfiah, masih tetap seperti desain yang sudah didaftarkan oleh pihak pabrik (produsen motor).

Namun ketika menggunakan knalpot, atau hal lain yang bisa berdampak membahayakan, tentu pengguna jalan akan dikenai sanksi seperti yang berlaku menurut peraturan.

Cara Mengurus Izin Modifikasi Motor, Pahami Juga Persyaratanya

Nah untuk saat ini, peraturan mengenai persyaratan layak jalannya kendaraan roda dua di Indonesia, mengacu pada Peraturan Pemerintah Republik Indonesia, Nomor 55 Tahun 2012 tentang Kendaraan.

Pada peraturan tersebut, sudah diatur secara lengkap mengenai komponen yang harus terpasang di motor. Bahkan dari segi ukuran dan posisi penempatan, juga harus diperhitungkan.

Komponen wajib yang harus ada pada kendaraan supaya layak jalan beberapa diantaranya mencakup sepatbor, knalpot, dan juga spion.

Menurut yang dijelaskan Ka Denwal PJR Korlantas Polri Kombes Pol Bambang, pada dasarnya modifikasi motor. Jika sudah melalui beberapa persyaratan tersebut, bisa disebut layak untuk digunakan di jalan raya.

“Motor modifikasi seperti costum itu diperbolehkan yang penting dia memenuhi persyaratan dan peralatan kelengkapan yang ada apa kendaraan tersebut,” jelas Kombes Pol Bambang.

“Pertama yang jelas sebelum motor itu di modifikasi sudah di daftarkan terlebih dahulu di Samsat dan sudah memiliki surat-surat, serta memiliki persyaratan untuk di terbitkan BPKB dan STNK,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Bambang juga mengaku bahwa untuk memenuhi persyaratan, sebenarnya tidaklah rumit. Pasalnya bisa dilakukan selayaknya mengurus motor biasa.

“Cara ngurusnya itu sama saja seperti motor biasa. Intinya semua harus melewati beberapa tahap, jadi jika tidak berarti motor tersebut bodong dan tidak terdaftar,” paparnya.

Bagaimana dengan jenis motor yang sering diincar para polisi di jalanan? Bambang pun menyebut jika motor yang dicari ialah pada tipe modifikasi ekstrem.

Lebih jelasnya yang tidak menghiraukan kaidah-kaidah keselamatan berkendara.

Secara singkat, Cara Mengurus Izin Modifikasi Motor ini bisa ditanyakan pada Samsat terdekat.

Jika hanya mengubah warna (asal tidak beda dengan STNK), atau mengganti komponen lain, sepertinya tidak harus melakukan proses tersebut.

Bagikan Yuk..!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here