Jurnalis Dianiaya, Forum Alumni UIN Laporkan Ketua MUI DKI ke Polda Metro

0
171
Ketua MUI DKI Jakarta KH Munahar Mukhtar

JAKARTA- Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Munahar Mukhtar harus bertanggung jawab atas kekerasan yang terjadi terhadap jurnalis Detik.com di Monas saat berlangsungnya acara Munajat 212. Acara tersebut diselenggarakan oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) DKI Jakarta.

Pernyataan tersebut disampaikan Alfian, perwakilan alumni UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. “Ketua MUI DKI jangan lepas tanggung jawab. Dia harus bertanggung jawab penuh atas peristiwa kekerasan di acara Munajat 212,” tegasnya, Rabu 27 Maret 2019.
Menurutnya, acara Munajat 212 sepenuhnya merupakan acara yang digalang MUI DKI Jakarta, dihadiri sejumlah tokoh politik seperti Titiek Soeharto dan Zulkifli Hasan dari Partai Amanat Nasional (PAN). “Sebagai tokoh masyarakat, apalagi ulama. KH Munahar Mukhtar harus menunjukkan rasa tanggung jawabnya terhadap ummat,” ujarnya.

Ruzi S, alumni IAIN Metro Lampung mengungkapkan banyak alumni UIN/IAIN Se-Indonesia yang juga menjadi tokoh dan ulama di MUI merasa sedih dan prihatin lembaga wadah ulama dijadikan alat politik.

“Para ulama alumni UIN menyampaikan rasa prihatinnya kepada kami dan setuju bahwa masalah ini harus disikapi dengan tegas,” katanya.

Alumni IAIN Papua, Abdul Karman, mengatakan seharusnya MUI menjadi wadah para alim ulama, cendikiawan untuk mengarahkan dan mengayomi ummat kepada keagamaan, bukan kepada politik praktis.

Rencananya, Forum Alumni UIN/IAIN Se-Indonesia akan melaporkan KH Munahar Mukhtar ke Mapolda Metro Jaya, agar Ketua MUI DKI Jakarta tersebut diperiksa untuk mempertanggung jawabkan peristiwa kekerasa di acara yang digelarnya beberapa waktu lalu.

“Sebagai penyelenggara, Ketua MUI DKI harus bertanggug jawab atas kekerasan yang terjadi di Monas kemarin,” tegasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here