Nama Gus Solah & KH Syukron Makmun Dicatut Panitia Reuni 212

0
131
KH Syukron Makmun

JAKARTA- Reuni 212 yang akan digelar pada Minggu 2 Desember 2018 menyisakan tanda tanya. Dua ulama besar dari kalangan NU, KH Solahudin Wahid dan KH Syukron Makmun, namanya dicatut dan dicantumkan hadir dalam reuni tersebut. Padahal keduanya mengaku tidak dihubungi panitia, dan tidak berencana untuk hadiri.

“Saya tidak dikontak dan tidak berencana hadir dalam acara tersebut,” kata Gus Solah, dikutip dari Antara, Sabtu 1 Desember 2018.

Gus Solah juga mengaku sudah ada agenda lain pada hari tersebut. Dia pun tidak mau mengomentari acara tersebut.

Senada, sesepuh Nahdlatul Ulama KH Syukron Makmun, namanya juga dicantumkan sebagai penceramah tentang Tauhid Ketahanan dan Pertahanan pukul 09.50-10.00 WIB di Monas, Minggu 2 Desember 2018.

Padahal, KH Syukron Makmun tidak pernah berkomunikasi dengan panitia reuni 212 dan sudah memiliki agenda ceramah di Cikarang usai salat subuh dan berlanjut Maulid Nabi di Cakung hingga salat Dhuzur.

Demikian disampaikan putra KH Syukron Makmun, KH Muhammad Faiz SM, Sabtu 1 Desember 2018.

Belakangan, KH Syukron Makmun seringkali dicatut namanya hadir di acara serupa, bahkan hingga dukungan politik kepada capres-cawapres tertentu. Padahal, pengasuh Pondok Pesantren Daarul Rahman yang memiliki ribuan alumni yang di antaranya memiliki pesantren ternama itu, tidak mau terseret ke arus politik mana pun.

“Pak Kyai hanya ingin menjadi guru bangsa di usia tuanya,” katanya.

Dia berharap, dari pendukung capres cawapres mana pun tidak menyeret atau pun menarik Kyai, demi kepentingan sesaat mereka.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here