Malam Ini Dikabarkan Jokowi Umumkan Cawapres, Begini Sinyal dari Ngabalin

0
189

ORANYENEWS- Malam ini Presiden Joko Widodo dikabarkan akan memberikan kejutan. Kejutan tersebut diperkirakan terkait dengan Pilpres 2018. Apakah Jokowi akan umumkan nama calon wakil presiden malam ini?

Tenaga Ahli Kedeputian IV Kantor Staf Presiden (KSP) Ali Mochtar Ngabalin mengatakan kejutan itu akan disampaikan Jokowi saat menghadiri kegiatan ‘Silaturahim dengan Solidaritas Ulama Muda Jokowi (Samawi)’ di Sentul International Convention Center (SICC), Selasa (10/7) malam ini. Kejutan itu akan ditunjukkan lewat gestur dan padanan kata yang digunakan Jokowi saat pidato nanti.

“Nah, saya pikir teman-teman juga mendapat undangan nanti malam pukul 19.00 WIB di acara Samawi di Sentul. Saya kira teman-teman akan melihat bagaimana pilihan kata beliau saat berpidato, gestur-gestur beliau seperti apa. Dan saya kira teman-teman punya latar belakang komunikasi baca gestur, pilihan kata,” ungkap Ngabalin di Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa 10 Juli 2018.

Ngabalin merinci pernyataannya, bahwa di dalam teori komunikasi terdapat satu teori content analysis, pilihan kata. “Saya kira teman-teman akan dapat gambaran yang tepat bahwa apa dan bagaimana harus beliau menyampaikan. Apalagi ini masih lama sebenarnya, ya. Tanggal 4-10 Agustus (masa pendaftaran capres-cawapres Pilpres 2019),” imbuhnya.

Ngabalin pun mengingatkan kepada partai-partai politik pendukung Jokowi untuk mempersiapkan diri. “Bagi kawan-kawan pimpinan, semua teman-teman, kawan-kawan dari parpol, dari mana semua yang berikan dukungan pada Presiden Jokowi untuk mempersiapkan diri lagi,” tutur dia.

Ngabalin menegaskan Jokowi paham betul siapa yang akan dia pilih sebagai cawapres pendampingnya pada Pilpres 2019. Pengalaman Jokowi sebagai Wali Kota Solo, Gubernur DKI Jakarta, dan Presiden RI membuat Jokowi semakin matang dan mengerti siapa yang harus dia pilih.

“Saya kira, insyaallah, beliau terbiasa waktu menjabat sebagai wali kota, sebagai gubernur, dan presiden di periode pertama, beliau matang dan sangat mengerti siapa dan mana ‘makhluk’ dalam tanda kutip, kawan-kawan tokoh terbaik yang bisa beliau pilih jadi calon wakil presiden,” sebut Ngabalin.

Ngabalin juga yakin pengumuman cawapres tersebut akan dilakukan dalam waktu dekat ini. Jokowi juga akan melakukan komunikasi dengan partai pendukungnya dalam waktu dekat.

“Beliau akan mengkomunikasikan dengan baik dengan tata cara sebagai orang Solo, sebagai seorang pemimpin. Beliau mengerti seperti apa mendatangi para pimpinan parpol untuk menetapkan dan mengumumkan, saya yakin dan insyaallah nggak akan lama, dan segera akan mengumumkan kepada khalayak publik tentang siapa yang beliau pilih,” terang dia.

Artinya, akan ada kejutan nanti malam?

“Ya, ya. Saya goyang-goyang kepala berkali-kali, tapi ini artinya benar,” Ngabalin menjawab.

Terkait dengan sosok cawapres Jokowi sendiri, Ngabalin mengatakan orang tersebut adalah seorang tokoh nasional dan memiliki intelektualitas yang bagus. “Masa depan yang bagus, cocok dengan Jokowi. Insyaallah, deh,” harapnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here