Heboh Amien Rais Siap Capres, Ini 5 Faktanya

0
252
Amien Rais

ORANYENEWS- Ketua MPP PAN Amien Rais kembali membuat pernyataan mengejutkan. Kali ini kejutannya adalah tokoh berusia 74 tahun ini mengaku siap terjun kembali ke gelanggang pemilihan presiden 2019.

Lalu, apa alasan Amien Rais ingin kembali bertarung di pencalonan presiden dan bagaimana juga dengan dukungannya. Berikut 5 fakta terkait kesiapan Amien Rais maju calon presiden.

1. Ingin Meniru Mahathir

Terpilihnya kembali Mahathir Muhammad sebagai Perdana Menteri Malaysia ternyata membuat gairah politik Amien Rais bergelora. Mahathir usianya 93 tahun, Amien Rais 74 tahun atau 19 tahun lebih muda.

Berikut cuplikan pidato Amien Rais di kediaman dinas Ketua MPR Zulkifli Hasan di Widya Chandra,  Sabtu 9 Juni 2018.

“Nanti PAN, kita akan mencapreskan tokoh-tokoh partai kita sendiri. Pertama Zulkifli Hasan, kedua Sutrisno Bachir, ketiga Hatta Rajasa, dan keempat Mbah Amien Rais.

“Saya sering dihibur orang, Pak Amien, yang bilang Pak Amien sudah bau tanah, peyot dan sebagainya, itu tiba-tiba jadi remaja Pak Amien. Karena Pak Mahathir satu angkatan di atas Pak Amien bisa memenangkan. Jadi Pak Amien jangan pernah mengatakan (tidak), never say no.”

“Nah Mbah Amien Rais ini walaupun tua ya nggak apa-apa. Begitu Mahathir jadi, saya jadi remaja lagi sekarang. Biarlah nanti rakyat yang buat penilaian,” ucap Amien kepada wartawan di kediaman Ketum PAN Zulkifli Hasan di Jl Widya Chandra.

2. Zulkifli Hasan Mengaku Ikhlas

Ketua DPP PAN Zulkifli Hasan sudah mendapatkan mandat dari Rakornas PAN untuk maju sebagai calon presiden. Tapi, mendengar Amien Rais berpidato di hadapannya siap maju capres, dia pun mengaku ikhlas.

“Walaupun Rakernas menugaskan kepada ketua umum untuk jadi capres, tetapi siapa pun yang ingin mengambil kader terbaik PAN, siapa saja, saya ikhlas.”

“Jangan dikira, Pak Hatta itu pengikutnya nggak banyak. Pengorbanannya untuk partai nggak usah ditanya lagi. Pak Hatta, jauh lebih berhak dari Zulkifli Hasan. Mas Tris, pengorbanannya banyak, jauh lebih berhak dari Zulkifli Hasan. Apalagi Pak Amien,” katanya.

3. Gerindra Final Usung Prabowo

Lalu, bagaimana sikap Partai Gerindra terkait kesiapan Amien Rais maju calon presiden. Partai Gerindra melalui Anggota Badan Komunikasi DPP Partai Gerindra, Andre Rosiade menegaskan bahwa partainya sudah final mengusung Prabowo Subianto sebagai capres.

“Prabowo final capres kami hanya satu tidak ada nama lain,” tegasnya.

Terkecuali, katanya, jika ada tokoh lain yang akan berkoalisi, maka pihaknya siap membicarakan cawapres.

4. PDIP Sebut Duet Prabowo-Amien Rais

PDIP pun dikejar wartawan untuk menanggapi pencapresan Amien Rais. Politikus PDIP Darmadi Durianto menyarankan agar Amien berduet dengan Ketua Umum Gerindra, Prabowo Subianto.

“Kami (PDIP) antusias sekali kalau pak Amien maju sebagai capres. Sebaiknya sih berduet dengan pak Prabowo itu lebih baik,” ujar Darmadi

Darmadi melihat hampir ada persamaan antara Amien dengan Prabowo. Menurutnya, dari segi usia juga tak terlalu jauh.

“Karena selisih usia keduanya tidak jauh. Dengan begitu kan itu bisa mewujudkan mimpi bersama untuk menjadi pemimpin bangsa Indonesia yang belum bisa terwujud sampai saat ini,” ujar anggota DPR ini.

5. 3 Alasan PAN Usulkan Amien Rais.

Waketum PAN Viva Yoga Mauladi membeberkan alasan PAN ingin mencapreskan Amien. Berikut 3 alasan tersebut:

1. Pak Amien memiliki integritas sebagai pemimpin nasional, cinta NKRI dan cinta rakyat Indonesia.
2. Pak Amien memiliki konsep dan kapasitas leadership dalam memimpin perjuangan bangsa Indonesia menuju pada cita-cita Nasional sesuai berdirinya Negara Republik Indonesia.
3. Pak Amien masih memiliki fisik kuat dan stamina prima dalam beraktivitas sesuai tuntutan kerja. Usia tidak menghalangi dalam menjalankan tugas pokok pekerjaan.

Lalu, bagaimana pendapat Anda?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here