Gendong Jokowi Kecil hingga Panglima Perang, Ini 3 Fakta Kunjungan Presiden di Asmat

0
79

ORANYENEWS- Presiden Joko Widodo melakukan kunjungan kerja ke Asmat, Papua. Dalam kunjungannya, sejumlah peristiwa terjadi, dari bayi bernama Jokowi hingga penobatan Panglima Perang dari suku asmat.

Berikut 5 fakta Presiden Jokowi di Asmat:

1. Bertemu Jokowi Kecil

Ada kejadian unik saat Presiden Jokowi melakukan kunjungan di Kabupaten Asmat, Papua. Yaitu Jokowi asal Solo bertemu Jokowi asal Asmat, Papua. Lho kok bisa?

Peristiwa bermula ketika Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana selesai meninjau pembangunan 1.000 rumah untuk warga Asmat. Di tengah perjalanan menuju dermaga, Jokowi mengalihkan perhatiannya ke sejumlah anak dan ibu-ibu yang menyambutnya dengan tarian adat.

Jokowi pun berhenti dan menghampiri, serta berbincang sebentar untuk menanyakan kegiatan mereka. Tak lama, Jokowi kaget saat diberitahu seorang ibu Papua bahwa nama anaknya juga dinamakan Jokowi sesuai nama Presiden.

“Ini namanya Jokowi,” ujar Jokowi.

Awalnya, Jokowi kecil yang mengenakan kaos kuning itu malu-malu saat dihampiri Presiden Jokowi, dan mengelus punggungnya. Jokowi kecil tak mau melepaskan pelukan ibunya.

Tapi tidak bertahan lama, saat Presiden mencoba menggendong,  Jokowi kecil pun akhirnya bersedia digendong Jokowi ‘senior’. “Ini mirip-mirip saya ini,” kata Jokowi sambil tertawa kecil.

Jokowi mengaku sempat bertanya mengapa Ibu Papua tersebut memberi nama Jokowi kepada anaknya. Ternyata, diketahui bahwa Jokowi asal Asmat itu lahir bersamaan dengan pelantikan Jokowi sebagai Presiden RI. “Saya tadi sudah tanya. Ternyata lahirnya 2014, pas saya dilantik jadi Presiden,” ungkap Jokowi.

2. Dinobatkan Panglima Perang Asmat

Peristiwa unik lainnya, Presiden Joko Widodo dianugerahi nama adat beserta gelarnya oleh masyarakat Kabupaten Asmat, Papua.

Jokowi diberi nama adat, yaitu Kambepit. Nama iti merupakan gelar untuk Kepala Negara, yakni panglima perang Asmat.

Penobatan nama adat beserta gelar tersebut diberikan usai Jokowi turun dari helikopter dan menginjak tanah Asmat untuk pertama kalinya di Pelabuhan Agats, Kamis 12 April 2018.

“Selamat datang. Hari ini masyarakat adat Asmat memberikan nama, Kambepit dengan gelar panglima perang adat Asmat,” ujar salah seorang tetua adat.

Kambepit adalah nama yang diambil dari nama salah satu panglima perang Suku Asmat zaman dahulu. Tak hanya dikenal pandai berperang, Kambepit juga merupakan tokoh adat pembawa perubahan bagi masyarakat Asmat.

Bersamaan, para tetua adat menyerahkan dayung kepada Presiden Jokowi. “Bapak, dayung ini kami berikan untuk Bapak mendayung perahu republik, memimpin kami, agar tidak melenceng dari tujuan negara,” lanjut dia.

“Kami sudah menderita. Tapi kami percaya panglima perang kami akan memimpin kami ke masa depan yang lebih baik,” lanjut dia.

3. Jokowi dan Iriana Menari Papua

Ibu Negara Iriana Jokowi tidak jaim saat mengunjungi Papua. Dalam beberapa kesempatan, dia tidak sungkan ikut menari dengan masyarakat suku Asmat, Papua.

Di antaranya usai meninjau pembangunan 1.000 rumah untuk warga Asmat, kemudian di tengah perjalanan menuju dermaga, Jokowi dan Iriana berhenti saat masyarakat Papua menari dan menyanyi.

Usai turun dari motor, Ibu Negara yang mengenakan baju putih tak sungkan langsung menggoyangkan badan dan kakinya mengikuti irama yang dinyanyikan masyarakat asmat.

Lain itu, Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo juga menari bersama anak-anak TK Theresia yang berada di Jl. RA Kartinian Kampung Baru, Sorong, Papua Barat, Jumat 13 April 2018.

Jokowi tiba di TK Theresia sekitar pukul 08.15 WIT dan disambut dengan iringan musik serta tarian anak-anak.

Melihat anak-anak menari, Jokowi serta Iriana sontak mengikuti tarian tersebut dengan mengangkat kaki kiri dan kanannya secara bergantian.

Sembari menari, Jokowi yang mengenakan kemeja putih tangan panjang dan sepatu kets, menggandeng dua anak TK dan sesekali menggendongnya.

Tampak anak-anak TK Theresia lainnya bersemangat dengan ‎melambaikan bendera merah putih yang terbuat dari plastik, saat Jokowi melintas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here