Dikunjungi Khofifah, Warga Desa Sumuragung Ramai-ramai Beri Hasil Tani

0
66
Khofifah Indar Parawansa (foto: timses)

ORANYENEWS- Calon Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa mendapat sambutan meriah dari warga saat menengok desa Sumuragung, Buerno, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur. Seketika Khofifah langsung turun menyambangi salah satu rumah warga.

Khofifah yang di atas mobil, spontan turun dari menemui warga, berfoto dan berbincang hangat bersama tuan rumah. Mantan menteri sosial itu juga melihat gabah kering yang sedang dijemur di pelataran halaman rumah.

Sejenak menyapa warga, Khofifah bergegas menuju sentra UMKM desa. Masyarakat antusias menunggu kedatangan calon orang satu di Jawa Timur ini.

Bahkan ketika Khofifah bersilaturahmi, masyarakat berbondong-bondong membawakannya berbagai macam sayuran dan buah-buahan. Mereka menyebut hasil bumi petani ini sebagai hadiah untuk Khofifah. “Ini adalah hadiah dari petani sini untuk Ibu Khofifah” kata Muhajirin, warga yang turut hadir dalam pertemuan itu

Di sentra UMKM tersebut Khofifah mencicipi makroni hasil produksi warga desa yang tergabung dalam UMKM desa Sumuragung. Dikatakan, UMKM tersebut menyerap hingga 20 kepala keluarga untuk tenaga kerja.

Omset UMKM Makaroni Desa Sumurgunung ini mencapai 120 juta per bulan. Khofifah mengapresiasi usaha yang dibentuk masyarakat tersebut.

Khoffiah menyebutkan siap mewujudkan keinginan masyarakat Sumuragung yang bercita-cita mengekspor produk makanannya ke pasar internasional. Pasangan Khofifah-Emil menyiapkan program Super Koridor yang dinavigasikan dalam Nawa Bhakti ke-7, Jatim Berdaya.

“Kita nyuwun pangestu, kita menyiapkan di 5 Bakorwil eks Karesidenan untuk orang yang ingin eksport atau yang ingin import barang ke panjenengan itu ada tempatnya. Untuk bisa dibuatkan kontrak bahasa inggris bagaiama? Ada lawyernya. Ada operatornya. Pemerintah provinsi yang menyiapkan,” jelas Khofifah.

Jatim Berdaya, merupakan gagasan untuk memperkuat ekonomi kerakyatan dengan berbasis UMKM, koperasi, dan mendorong pemberdayaan pemerintahan desa dengan Program One Village One Product One Corporate & Agropolitan plus bantuan branding untuk pemasaran.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here