3 Jenderal Polisi Maju di Pilkada Belum Mengundurkan Diri

0
84

ORANYENEWS- Tiga orang jenderal polisi aktif yang ikut di Pilkada serentak 2018 ternyata belum mengajukan pengunduran diri. Tercatat ketiga jenderal tersebut adalah Irjen Safaruddin di Pilgub Kaltim, Irjen Anton Charliyan di Pilgub Jabar, dan Irjen Murad Ismail di Pilgub Maluku.

Kepala Divisi Humas Mabes Polri, Irjen Pol Setyo Wasisto menegaskan bahwa para jenderal polisi bintang dua itu harus mengajukan pengunduran diri dari Polri setelah ditetapkan KPUD sebagai calon.

“Pada saat mendaftar belum. Pada saat penetapan 12 Februari nanti harus mengundurkan diri,” kata Setyo Wasisto usai mendampingi Kapolri di Gambir, Jakarta Pusat, Senin 8 Januari 2018.

Dia mengatakan,  hingga saat ini memang Kapolri memang belum menyampaikan secara eksplisit anak buahnya yang maju di Pilkada harus segera mengundurkan diri. Akan tetapi,  dia menegaskan bahwa aturan keharusan mengundurkan diri itu memang ada, dan setip anggota Polri harus mengikuti aturan yang ada.

Dia mengungkapkan, hingga saat ini belum ada satu pun yang mengajukan surat pengunduran diri. “Belum ada yang mengundurkan diri. Kita ikuti aturan saja,” ujarnya.

Dia berharap, jabatan yang melekat pada para calon ini tidak dimanfaatkan untuk kepentingan politik praktis. Setyo mengungkapkan bahwa para perwira tinggi itu saat ini sudah dimutasi dan tidak lagi menjabat sebagai Kapolda. Sebab itu, dia meyakini bahwa mereka tak bisa menyalahgunakan jabatannya.

“Moga-moga tidak, karena beliau sekarang sudah dimutasikan. Tidak menjabat kewilayahan maupun strategis,” ujarnya.

Meski begitu, Mabes Polri akan tetap mengawasi agar yang bersangkutan tak menyalahgunakan kewenangannya di tingkat wilayah. “Pasti kita ada propam untuk mengawasi itu,” kata Setyo.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here