Pengusaha Ciputra Meninggal Dunia, Netizen Terkenang Sosoknya

Pengusaha Ciputra Meninggal Dunia, Netizen Terkenang Sosoknya
Foto : Detiknews

Oranyenews.com, Jakarta – Pada usia 88 tahun, pengusaha Ciputra meninggal dunia. Dalam hal ini, Ciputra dikenal sebagai sosok pengusaha properti yang terkemuka di Indonesia.

Kabar meninggalnya Ciputra dikonfirmasi oleh Panji Pragiwaksono melalui akun Twitter pribadinya, Rabu (27/11/2019). Panji menyebut jika Ciputra menghembuskan nafas terakhir di Singapura dini hari tadi.

“Innalillahi wa inna illaihi rajiuun. Telah meninggal dunia, Bapak Ir Ciputra, Chairman dan Founder Ciputra Group di Singapore pada tgl 27 November 2019 pk 1:05 waktu Singapore,” tulis Panji pada akun Twitternya.

Sedangkan dari Ketua Apindo, Haryadi Sukamdani, ikut membenarkan kabar tersebut. Haryadi menyebut jika kesehatan Ciputra memang menurun beberapa waktu terakhir.

“Iya benar. Beberapa waktu terakhir ini almarhum sudah cuci darah,” ucap Hariyadi.

Seperti yang dikutip dari situs resmi Ciputra Group, Ciputra mendirikan perusahaannya pada tahun 1981. Sedangkan untuk usaha lainnya ialah PT Ciputra Surya Tbk, dan PT Ciputra Property Tbk.

Kepergian dari pengusaha properti Ciputra ternyata juga meninggalkan luka bagi masyarakat. Hal tersebut tampak dari ramainya komentar netizen di media sosial Twitter dengan tagar #pakci dan #ciputra.

Salah satunya diungkap oleh Regina Ciputra Pesela, selaku pemilik akun @yggeggy yang mengungkap kesedihan lantaran sudah kehilangan sosok yang menginspirasi.

“Selamat jalan, Pak Ci.. Membaca tentang hidupmu ketika saya menjadi siswa SMA membuat saya mendorong diri saya di industri ini. Bahkan saya membangun sekolah dengan namamu. Terima kasih telah menjadi inspirasi. Pak Ciputra (1931-2019),” paparnya.

Tidak hanya itu saja, Mantan Menteri Perdagangan Gita Wirjawan pun, pada akun Twitter pribadinya @GWirjawan, mengungkap bahwa alhmarhum Ciputra merupakan sosok dari contoh nyata perjalanan hidup yang baik.

Menoleh kembali, konglomerat pendiri dari Ciputra Group meninggal dunia pada Rabu (27/11/2019) dini hari, sekitar pukul 01.01 waktu setempat.

Ciputra lahir di Parigi, Sulawesi Tengah, pada tahun 1931 dan merupakan sosok arsitek yang kemduaian dikenal sebagai pendiri perusahaan properti nasional.

Sebelum dirinya menjadi pengusaha, Ciputra meniti karier di perusahaan BUMD DKI Jakarta, Jaya Group. Ia pun mulai membangun Taman Impian Jaya Ancol sebagai taman rekreasi.

Selanjutnya, bersama dengan rekan ia mendirikan Metropolitan Group. Namun pada krisis pada 1997, tiga usaha yang dipegangnya terkena pukulan. Sebelum apda akhirnya Ciputra bangkit dan ekspansi usaha lebih luas.

Hingga pada akhirnya, Forbes mendapuk Ciputra sebagai orang terkaya ke-27 di Indonesia. Total kekayaan bersihnya diperkirakan mencapai US$1,3 miliar atau setara Rp18,2 triliun.

Bagikan Yuk..!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here