Nadiem Makarim Mau Hapus Ujian Nasional, Tunggu! Masih Dikaji

Nadiem Makarim Mau Hapus Ujian Nasional, Tunggu! Masih Dikaji

Oranyenews.com, Jakarta – Nadiem Makarim yang sudah resmi menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), menyebut bahwa pihaknya tengah mengkaji penghapusan Ujian Nasional (UN).

Akan tetapi, Nadiem belum menjelaskan lebih rinci terkait dengan hasil kajian tersebut.

“Itu (penghapusan UN) yang sedang kami kaji. Ditunggu kabarnya,” ungkap Nadiem di Ballroom The Ritz-Carlton Hotel Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (28/11/2019).

Terlepas dari itu, Nadiem juga menyebut bahwa Kemendikbud saat ini sedang berupaya untuk menciptakan kesinambungan antara sistem pendidikan dan juga dunia industri.

Salah satu cara yang akan diterapkan ialah dengan deregulasi serta debirokratisasi. Nadiem mengaku, jika pihaknya sudah memperoleh arahan dari presiden.

Arahan tersebut untuk menciptakan link and match yang mencakup sistem pendidikan dengan apa yang dibutuhkan pada dunia industri.

“Juga arahan Pak Presiden untuk menciptakan link and match antara sistem pendidikan kita dan apa yang dibutuhkan di dunia industri dan lain-lain. Untuk mencapai itu, ada beberapa hal yang satunya adalah deregulasi dan debirokratisasi dari semua instansi unit pendidikan. Makanya platformnya yang kami sebutkan itu merdeka belajar,” imbuhnya.

Dijelaskan lebih lanjut, Nadiem menjelaskan pihaknya juga akan segera melakukan penyederhaan pada kurikulum pendidikan.

Tidak lepas pula dalam mengutamakan kompetensi dibanding sekedar menghafal materi pembelajaran saja.

“Dari situ harus adanya penyederhanaan dari sisi kurikulum maupun asesmen agar beralih kepada yang sifatnya yang lebih kompetensi dan bukan saja menghafal informasi. Itu suatu perubahan yang akan kita terapkan dan kita sempurnakan,” paparnya.

Terlepas dari itu, Nadiem membahas terkait dengan kualitas sumber daya manusia (SDM), tepatnya dari sisi pengajar atau guru.

Pasalnya, kualitas dari pengajar tersebut perlu ditingkatkan. Bahkan akan dilakukan pada semua jenjang pendidikan.

“Tentunya yang terpenting adalah kualitas daripada SDM pendidik baik di vokasi maupun di unit pendidik dalam SMA, SMP, SD. Semua itu mengarah pada pelatihan peningkatan dan penyederhanaan hidup seorang pendidik,” tandasnya.

Rencana penghapusan UN oleh Nadiem ini menuai pro dan kontra di kalangan masyarakat.

Namun tidak sedikit yang memberikan dukungan, khususnya untuk menciptakan terobosan baru pada dunia pendidikan.

Bagikan Yuk..!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here