Putra Amien Rais Asal Kutip Bank Dunia, “Politisi Jangan Produksi Hoaks!”

Hanafi Rais (foto: Fraksi PAN)

ORANYENEWS- Putra mantan Ketua MPR Amien Rais, Hanafi Rais sejak kemarin menjadi bahan pembicaraan di media dan sosial media. Penyebabnya, Wakil Ketua Umum PAN tersebut mengutip data Bank Dunia yang tidak sahih dan dibantah lembaga internasional tersebut.

Komentar pun berdatangan dari berbagai kalangan, utamanya kalangan aktivis dan juga politisi. Misalnya, Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Danik Eka Rahmaningtyas.

Baca Juga: Hanafi Rais Catut Nama Lembaga, Ini yang Dilakukan Bank Dunia

Menurutnya, politikus Partai Amanat Nasional (PAN) tersebut telah memproduksi hoaks dan melakukan kebohongan publik yang merugikan masyarakat.  “Hanafi Rais sudah jelas-jelas asal kutip. Bank Dunia saja sudah membantah tidak pernah mengeluarkan data itu,” kata Danik.

Kata Danik, seharusnya politikus iu menyuarakan suara rakyat dengan data valis, dan tidak asal bicara sembarangan. “Kalau politisi asal kutip, kasihan rakyat jadi korban hoaks melulu” kata Danik

Komentar datang juga dari aktivis Mohamad Guntur Romli melalui akun twitternya yang diposting Selasa 27 Maret 2018. Berikut komentarnya:

“Bank Dunia Bantah Terbitkan Data Tanah yang Disebut Hanafi Rais, bapak & anak sama2 ngawur, ini baru disebut ngibul, ayo pake data yg benar, jgn hoax!,” tulisnya.

Diketahui, Wakil Ketua Umum PAN itu membela ayahnya, Amien Rais yang tengah berseteru dengan Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan mengenai sertifikasi tanah yang dituding Amien Rais sebagai program ngibulin rakyat.

Kata Hanafi Rais, apa yang disampaikan Amien Rais soal tanah merujuk pada data Bank Dunia. “74 Persen tanah negara dikuasai segelintir orang itu itu adalah laporan bank dunia tahun 2015. Itu kan ada datanya, jangan dibantah,” kata Hanafi disampaikan di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Senin 23 Maret 2018.

Mengetahui nama lembaganya disebut, Country Director World Bank for Indonesia, Rodrigo A Chaves melakukan klarifikasi bahwa World Bank tidak pernah mengeluarkan ataupun menerbitkan laporan sebagaimana disampaikan Hanafi Rais.

“World Bank tidak pernah menerbitkan laporan seperti itu. Sangat jelas saya katakan bahwa itu tidak benar,” tegasnya, Selasa 27 Maret 2018.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here