Ini Daftar Anggota DPR yang Disebut Jaksa Menerima Suap Proyek e-KTP

JAKARTA- Jaksa penuntut umum dalam kasus suap proyek e-KTP nama daftar nama-nama anggota DPR penerima suap dalam proses pengadaan e-KTP. Diungkapkan Jaksa di Pengadilan Tipikor, Jl Bungur Besar Raya, Jakarta Pusat, Kamis, 22 Juni 2017.

Dalam surat niat jaksa untuk terdakwa Irman dan Sugiharto, tersangka anggota dewan II DPR kala itu kecipratan uang suap proyek e-KTP. Nominal uangnya mulai dari USD5.000 hingga USD100 ribu dan seluruh uang tersebut asalnya dari Andi Narogong.

4

Berikit perincian nama-nama anggota Komisi II, Ketua Fraksi, hingga pimpinan komisi yang nenerima uang suap proyek e-KTP sesuai dengan surat yang di baca berikut ini:

1. Ketua Fraksi Partai Demokrat Anas Urbaningrum USD500 ribu, yang merupakan kelanjutan dari USD2 juta yang telah diberikan sebelumnya. Ditambah USD3 juta di pertemuan berikutnya.
2. Anggota Komisi II Arief Wibowo, USD100 ribu
3. Anggota Komisi II Chairuman Harahap, USD550 ribu
4. Anggota Komisi II Ganjar Pranowo, USD500 ribu
5. Anggota Komisi II dan Anggota Banggar DPR Agun Gunandjar Sudarsa, USD1 juta
6. Anggota Komisi II Mustoko Weni, USD400 ribu
7. Anggota Komisi II Ignatius Mulyono, USD250 ribu
8. Wakil Ketua Komisi II Taufik Effendi, USD50.000
9. Wakil Ketua Komisi II Teguh Djuwarno, USD100 ribu
10. Melcias Markus Mekeng, USD1,4 juta
11. Olly Dondokambey, USD1,2 juta
12. Tamsil Linrung, USD700 ribu
13.

Kemudian, realisasi dengan uang tambahan yang menurut jaksa dilakukan Andi Narogong antara lain pemberian masing-masing Rp20 miliar kepada Chairuman Harahap dan Marzuki Alie.

Jaksa mengatakan dalam sidang komisi para terdakwa selalu diadakan rapat di Komisi II DPR yang diselenggarakan sejak 2010 hingga 2012. Selama masa tersebut, Kemendagri juga mengadakan kerja sama dengan Komisi II DPR secara berkala.

Dari jumlah nama-nama tersebut di atas, sebagian sudah pernah hadir di pengadilan sebagai pasangan. Mereka pun membantah menerima duit suap tersebut.

 

Bagikan Yuk..!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here