4 Hal ini yang Dilakukan Papa Setya Novanto Selama Berada di Tahanan, Bertambah Baikkah?

Setya Novanto ditahan KPK
Setya Novanto Ketika Mengunjungi Kantor KPK dengan Kondisi Sakit Sehingga harus menggunakan Kursi roda (foto: ist)

Apa yang masih diingat ketika tercetus nama Setya Novanto. Pasti yang teringat adalah meme yang mendramatisir kondisi keadaan papa,

Sosok tersebut tidak akan mudah terlupakan. Jangankan melupakan sosoknya, tiang listrik saja ketika ditabrak oleh papa, hingga saat ini menjadi viral dan lokasinya menjadi ‘obyek wisata’ dadakan.

Bukan hanya satu atau dua orang saja yang bangga dapat selfie bersama tiang listrik tersebut, melainkan sudah banyak orang menyambangi tempat itu.

Dewasa ini, tak ada yang menarik dibanding berita-berita tentang papa Setya Novanto. Hampir setiap hari sering muncul berita baru yang pastinya ditunggu oleh publik. Bukan cuma tentang bagaimana Setya Novanto dialihkan dari RSCM ke Rutan KPK atau alibi yang disampaikan oleh pengacaranya.

Mulai tanggal 20 November 2017 yang lalu, akhirnya pengadilan memutuskan supaya menahan Setnov. Keputusan ini setidaknya menjadikan berbagai pihak merasa lega.

Setidaknya, pengadilan telah dianggap adil dengan keputusan hukuman yang tidak pandang bulu. Tak bisa lepas dari hukuman, seperti apa kehidupan papa setnov selama di tahanan berikut ini akan kami ulas.

Tentu Tidak bisa tidur selama berhari-hari.

Kamar Setnov di rutan
Kamar Setnov di rutan (foto : ist)

Hal ini jelas akan ada perubahan lingkungan, dari mewah menuju seadanya tentu akan membuat orang kesulitan beradabtasi. Demikian pula yang hadapi oleh papa Setnov.

Hal tersebut dijelaskan oleh rekan satu tahanan, Rochmadi. Rochmadi menjelaskan bila hampir semua tahanan akan merasakan hal yang sama ketika pertama kali berada di rutan.

Tetapi menurutnya, yang dialami oleh Setnov lebih parah daripada dirinya. Lebih parahnya pada kondisi kesehatan Setnov yang sedang turun sewaktu berada di tahanan pertama kalinya. Terlepas dari hal tersebut, ternyata Setya Novanto bisa bersikap ramah bahkan bersahabat dengan rekan-rekannya sesama tahanan.

Dan senantiasa selalu shalat berjamaah.

Papa Setya Novanto
Papa Setya Novanto (foto : KPK)

Selalu ada hikmah atas kejadian yang menimpa setiap orang. Begitu pula dengan Setya Novanto.

Dengan segala kemewahan yang biasa dinikmati, berbanding terbalik dengan suasana rutan KPK. Walau demikian, di rutan Papa dapat menikmati ibadahnya lebih khusuk.

Di dalam Rutan Papa sering menjalankan ibadah shalat berjamaah dengan tahanan lainnya. Walau pertama kali menjadi anggota bagian rutan. Papa dapat dengan mudah akrab dengan tahanan lain.

Semoga betah hingga habis masa hukuman nanti, dan menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Itulah doa dari masyarakat.

Papa sempat menceritakan kehidupannya di rutan KPK sekarang ini yang tentu jauh dari kemewahan.

Sejak terdakwa kasus E-KTP, jangankan bisa tidur di tempat yang nyaman, memangkas rambut saja harus berada di rumah tahanan, ia hanya mampu menyewa jasa tukang pangkas keliling yang disediakan oleh pihak KPK.

Belajar membaca Al-Quran dengan sesama teman tahanan.

setya novanto
setya novanto ketum golkar (foto : ist)

Rumah tahanan dapat menjadikan papa kembali dekat dengan yang Maha Kuasa. Di tahanan, Setya Novanto mempunyai kegiatan menjadi lebih agamis.

Hal tersebut diterangkan sendiri oleh Papa di tanggal 12 Februari 2018 yang lalu pada Pengadilan Tipikor, Jakarta.

Cita-cita yang dia inginkan cukup kumpul keluarga.

setnov
Papa Setnov dan keluarga

selalu rindu mereka, itulah yang biasa diucapkan Papa Setnov selama di tahanan. Menurutnya, meskipun keadaan susah, keluargalah yang membangkitkan semangat. Hal itu yang menjadikan Setnov selalu membawa foto putra bungsunya di tahanan.

Menurut penjelasannya, sekarang ia tidak mau lagi memikirkan jabatan maupun dunia politik lagi. Dirinya hanya ingin berkumpul bersama keluarganya. Sedang menurut sang istri, Setnov sudah bisa lebih legowo menjalani proses hukuman yang wajib dia jalani.

 

Bagikan Yuk..!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here