Bupati Bandung Barat Memelas Jangan Ditahan, Ini Kronologis OTT Abu Bakar

0
278

ORANYENEWS- Bupati Bandung Barat Abubakar ditangkap KPK dalam kasus suap dari sejumlah SKPD atau kepala dinas di lingkungan Pemkab Bandung Barat.

Peristiwa dimulai dari informasi yang diterima KPK bahwa akan adanya penyerahan uang suap tersebut. Berikut kronologis sebagaimana diungkapkan Wakil Ketua KPK Saut Situmorang di kantor KPK, Rabu 11 April 2018 malam:

Selasa, 10 April 2018

Tim KPK menerima informasi adanya penyerahan dana dari IL (Kepala Subbagian di Badan Kepegawaian Daerah Bandung Barat) ke CA (staf di Dinas Perindustrian dan Perdagangan Bandung Barat)

Pukul 12.00 WIB

Tim KPK langsung mengamankan CA di Gedung B Kantor Pemerintah Kabupaten Bandung Barat. Bersama CA diamankan uang Rp 35 juta. Uang ini diduga terkait dengan kepentingan Bupati Bandung Barat.

Pukul 12.40 WIB

Menuju Gedung A Kantor Pemerintah Kabupaten Bandung Barat untuk mengamankan WLW di Kantor Dinas Perindustrian dan Perdagangan.

Pukul 14.30 WIB

Tim menuju rumah CA di Lembang untuk mengamankan barang bukti sebesar Rp 400 juta.

Pukul 13.00 WIB

Secara paralel, tim bergerak ke Hotel Garden Permata di daerah Sukajadi untuk mengamankan ADY dan YUS (staf Bappeda Bandung Barat).

Kemudian, dalam tiga tahap, pukul 18.00 WIB, 19.00 WIB, dan 22.00 WIB, ke-6 tersangka tiba di kantor KPK Jakarta untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Pukul 17.00 WIB

Tim KPK mendatangi rumah Bupati Bandung Barat Abu Bakar untuk mengamankan yang bersangkutan. Namun, saat itu Bupati Abubakar memohon untuk tidak diamankan terlebih dahulu karena dalam kondisi tidak fit dan harus melakukan kemoterapi. Atas dasar kemanusiaan, tim melakukan pemeriksaan di rumah bupati dan melakukan koordinasi lanjutan dengan dokter bupati.

Selanjutnya, tim KPK meminta yang bersangkutan membuat surat pernyataan datang ke KPK setelah jalani kemoterapi di Bandung. Akan tetapi, setelah menandatangi surat pernyataan kepada KPK, yang bersangkutan malah membuat pernyataan pers malam hari dan membantah adanya OTT dan mengatakan bahwa KPK hanya mengklarifikasi isu tertentu dan yang bersangkutan membantah isu tersebut.

Tadi malam, Abu Bakar datang atas kemauan sendiri setelah menerima surat keterangan dari dokter yang menyatakan dia dalam kondisi sehat untuk melakukan perjalanan ke luar kota. Petugas KPK di Bandung hanya memastikan Abu Bakar memenuhi janji sesuai surat pernyataan yang ditandatangani malam sebelumnya.

Dalam operasi tangkap tangan ini, KPK mendapatkan barang bukti mencapai Rp 435 juta.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here