Tunggu Respon AS, Korut Diyakini Tengah Bersiap Uji Senjata Nuklir

Tunggu Respon AS, Korut Diyakini Tengah Bersiap Uji Senjata Nuklir
Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un dan para pejabatnya / Foto : REUTERS/KCNA

Oranyenews.com, Washington – Pemimpin Korea Utara 9Korut), Kim Jong-un saat ini diyakni tengah membuat jalan baru, termasuk juga dengan menguji coba rudal balistik jarak jauh serta senjata nuklir.

Hal tersebut dinilai sebagai bentuk upaya untuk memaksa konsesi Amerika Serikat (AS). Apabila langkah tersebut memang benar dilakukan, maka Washington mempunyai kemungkinan untuk memberikan tindakan lebih keras.

Prediksi terkait dengan strategi Kim Jong-un tersebut dipaparkan oleh mantan pejabat Departemen Luar Negeri AS, Evans Revere, yang sebelumnya juga pernah melakukan negoisasi dengan Pyongyang.

“Saya yakin bahwa Korea Utara sedang bersiap untuk meningkatkan pengujian rudal balistik mereka dan atau kegiatan yang berhubungan dengan nuklir dengan cara yang akan menguji apakah Amerika Serikat sedang bersiap untuk merespons (atau tidak),” ungkap Revere.

“Kita harus mempersiapkan diri untuk kemungkinan bahwa Korea Utara akan mencoba sesuatu yang lebih ambisius dalam beberapa minggu mendatang,” paparnya, menurut yang dikutip dari Voice of America, Sabtu (19/10/2019).

Sebelumnya, Korut juga sudah meminta pencabutan sanksi dari AS. Khususnya selama hampir satu tahun, terhitung sejak pertemuan puncak antara Presiden AS Donald Trump dan Kim Jong-un, yang memperoleh kegagalan negoisasi.

Dijelaskan oleh Robert Manning selaku peneliti senior pada Dewan Atlantik, menyebut bahwa Kim Jong-un saat ini bisa mempertimbangkan untuk bisa mengejar opsi lain.

“Dia mengatur panggung untuk mengejar alternatif ketika dia menyimpulkan bahwa dia tidak bisa mendapatkan apa yang diinginkannya dari Trump,” ucap Manning.

Pada pidato Tahun Baru, Kim menjelaskan jika AS masih terus memberlakukan sanksi, serta menekan Korea Utara. Maka hal tersebut bisa mendorong Pyongyang untuk bisa menemukan cara baru.

Bagikan Yuk..!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here