Rusia Pesan Tank Boat Buatan Indonesia

Rusia Pesan Tank Boat Buatan Indonesia
Tank Boat Antasena / Foto : Istimewa

Oranyenews.com, Jakarta – Rusia sudah memesan tank boat buatan PT Lundin, yang mempunyai basis di Kota Banyuwangi, Jawa Timur. Pemesanan tersebut dikonfirmasi oleh Duta Besar Indonesia untuk Rusia, Wahid Supriyadi.

Ditemui pada kantor Kementerian Luar Negeri Indonesia di kawasan Jakarta Pusat, Kamis (16/1/2020), Wahid menyebut jika Moskow memesan satu unit tank amfibi, yang bisa dikendarai di darat dan juga perairan dangkal seperti rawa.

“Itu tank yang bisa di darat dan juga air dangkal, seperti di sungai atau rawa-rawa,” jelas Wahid.

Tank boat yang sudah dipesan oleh Rusia tersebut, sudah mulai di ekspor ke beberapa negara. Bahan yang dipakai berupa komposit yang kekuatannya empat kali dari baja. Bahkan kecepatannya pun bisa mencapai hingga 150 km per jam.

“Saya waktu melihat disana ada satu unit yang masih dikerjakan. Tapi yang sudah diekspor tiga, itu yang pakai bahan komposit yang kekuatannya empat kali dari baja dan memiliki kecepatan 150 kilometer per jam,” imbuhnya.

Pemesanan tersebut bukan yang pertama kali untuk PT. Lundin dengan mengekspor produk buatan mereka ke Rusia.

Di tahun 2018 lalu, mereka juga mengekspor tujuh kapal buatannya ke Rusia, yakni kapal rib (rigit inflatable boat) jenis carbotech.

Pada saat itu, Direktur PT Lundin, John Lundin menyebut jika kapal tersebut mempunyai lambung sepanjang 12 meter.

Dengan ukuran lambung sepanjang itu, maka kapal yang menerapkan teknologi tinggi tersebut diklaim sebagai kapal tercepat di Indonesia, bahkan di Asia.

Dari sisi lain, dua kapal carbotech lain yang diproduksi oleh PT. Luncin juga sudah digunakan untuk operasi militer di Swedia dan Rusia.

John Lundin pun menyebut jika pesanan kapal militer, datang dari berbagai negara di Asia. Seperti halnya dari Bangladesh, Hong Kong, Malaysia, Brunei, dan juga Singapura.

“Kami banyak menerima pesanan kapal untuk militer, seperti dari Bangladesh, Hong Kong, Malaysia, Brunei, Singapura,” jelas Lundin kala itu.

Tidak bisa dipungkiri bahwa kualitas produk militer buatannya Indonesia cukup diperhitungkan di mata dunia. Bahkan pemesanan juga datang dari negara super power seperti Rusia.

Bagikan Yuk..!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here