Libya, Negara Ke-6 yang Putuskan Hubungan Diplomatik dengan Qatar

Emir Qatar Syeikh Tamin bin Hamad.

NEGARA Libya menjadi negara keenam yang memutuskan hubungan diplomatic dengan Qatar, karena negara tersebut diduga mendukung terorisme dan ekstremisme. Negara yang sudah memutuskan hubungan lainnya adalah Arab Saudi, Bahrain, Uni Emirat Arab (UEA), Mesir, dan Yaman.

Kedekatan Qatar dengan organisasi terlarang Ikhwanul Muslimin juga menjadi salah satu alasan kuat Libya memutus hubungan diplomatiknya dengan Doha.

“Qatar telah menjadi sumber utama pasokan senjata ke cabang-cabang Ikhwanul Muslimin dan kelompok militan Islam bersenjata lainnya sejak 2012 dan menjadi ancaman bagi keamanan nasional dunia Arab,” kata Menteri Luar Negeri Libya Mohammed Dairi, dikutip dari Sputnik, Selasa 6 Juni 2017.

Menyikapi pemutusan hubungan diplomatic tersebut, Qatar sendiri mengaku tidak takut. Menteri Luar Negeri Qatar Sheikh Mohammed bin Abdulrahman Al Thani bersumpah negaranya akan menolak semua pihak yang berusaha memaksakan keinginannya dan ikut campur dalam urusan dalam negeri Qatar.

Krisis diplomasi ini memaksa berbagai pihak untuk mencegah memburuknya krisis diplomatik yang tengah berlangsung. Negara Kuwait bahkan menyatakan siap untuk menjadi mediator penyelesaian konflik antara Qatar dengan negara-negara Arab tersebut.

Bagikan Yuk..!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here