Kebakaran Hutan Di Australia, WNI Dihimbau Untuk Tinggalkan Lokasi

Kebakaran Hutan Di Australia, WNI Dihimbau Untuk Tinggalkan Lokasi
Foto : Saeed KHAN / AFP

Oranyenews.com, Jakarta – Melalui platform sarana informasi yang dikembangkan untuk kebutuhan wisata, studi, dan bekerja dengan nama Safe Travel.

Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) mengimbau bagi Warga Negara Indonesia (WNI) supaya tidak bepergian apda wilayah tertentu di Australia terkait dengan insiden kebakaran hutan.

Tertanggal 4 Januari 2020, situs safetravel.id menyetakan bahwa New South Wales Rural Fire Service, sudah mengumumkan wilayah New South Coast antara Batemans Bay dan perbatasan Victoria merupakan “Tourist Leave Zone”.

Pihak Kemenlu menghimbau bagi turis yang ada di Australia untuk tidak mengunjungi wilayah tersebut.

“Kami mengimbau Anda yang berada di Australia untuk tidak bepergian ke daerah tersebut,” isi tulisan di Safe Travel.

Terlepas dari itu,bagi WNI yang sudah berada disana, dihimbau untuk segera meninggalkan lokasi yang dimaksud sebelum kondisi cuaca semakin memburuk.

Dijelaskan, untuk memantau perkembangan situasi kebakaran hutan di lokasi, bisa dipantau melalui akun Twitter @NSWRFS dan Live Traffic NSW guna informasi penutupan jalan.

Seperti yang diketahui, beberapa ini Australia mengalami kebakaran hutan yang meliputi lebih dari 60 ribu meter persegi.

Setidaknya terdapat 23 orang sudah meninggal dunia lantaran kondisi tersebut, dan juga sebanyak 17 orang diantaranya berada di New South Wales.

News South Wales dan juga daerah di sekitarnya di Victoria, hancur lantaran kebakaran hutan pada malam pergantian tahun baru.

Dan sejauh ini, sudah tercatat lebih dari 1.500 rumah hancur dan otoritas setempat juga telag memberikan peringatan angka tersebut akan terus bertambah.

Pihak KBRI di Canberra mengeluarkan prediksi pada Minggu (5/1/2020) dengan status api yang akan semakin tinggi “high” kemudian “low moderate” pada Senin (6/1/2020). Selanjutnya akan kembali “high” pada Selasa (7/1/2020).

Jika memang sedang berada pada situasi yang darurat, WNI di Australia bisa menghubungi beberapa nomor telepon yang sudah disediakan oleh KBRI. Nomor tersebut siap sedia dan beroperasi 24 jam.

Beberapa nomor tersebut mencakup KBRI dan beberapa KJRI di Australia. Selengkapnya bisa dicek pada pada daftar berikut :

  • KBRI Canberra: +61450 475 094
  • KJRI Sydney: +61 423 760 106
  • KJRI Perth: +61 499 772 978
  • KJRI Melbourne: +61 477 007 075
  • KRI Darwin: +61 438 843 040

Dalam hal ini, WNI juga bisa memanfaatkan tombol Darurat pada aplikasi Safe Travel.

Bagikan Yuk..!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here